Debat Sengit Djarot dan Sandi Soal Harga Pangan

Debat kedua Pilkada DKI Jakarta 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Debat sengit calon wakil gubernur DKI Jakarta putaran kedua, Djarot Saiful Hidayat dan Sandiaga Uno terjadi, saat masing-masing melempar pertanyaan dan tanggapan. 

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Jawaban Djarot soal mengatasi kenaikan bahan pangan jelang Ramadan, dengan cara menggelar operasi pasar, dinilai Sandi tidak mengatasi persoalan. 

Sandi sebelumnya mempertanyakan solusi dari kenaikan harga yang kerap terjadi jelang Ramadan dan Idul Fitri. Djarot pun menjawab dengan cara memberi subsidi bagi rakyat miskin dan menggelar operasi pasar. 

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

"Kami bangun kontainer khusus pengawet cabe dan bawang merah. Kemudian, kami juga lakukan operasi pasar, melawan tengkulak. Saya yakin kenaikan harga bisa diatasi," kata Djarot. 

Menanggapi jawaban itu, Sandiaga menilai, hal itu hanya sekadar janji manis, tetapi tidak terealisasi di lapangan. 

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

"Tetapi, itu cuma janji. Penjual nasi uduk ketika cabe meningkat, mereka mengeluh. Solusi tadi terlihat enak, tapi kenyataannya tidak seperti itu," kata Sandi. 

Djarot pun kembali menjawab pertanyaan lainnya, yaitu cara mencegah tingginya angka inflasi di Jakarta. Untuk mengatasi masalah itu, Djarot akan membangun pasar grosir yang akan menyediakan kebutuhan bahan pokok. 

"Pasar-pasar grosir sedang kami bangun," ujarnya. 

Sebelum sesi berakhir, Sandi berpendapat bahwa solusi dari pertanyaannya, yaitu memastikan pasokan aman dan penyederhanaan rangkaian distribusi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya