Fadli Zon: Waspadai Pemilih 'Siluman' di Pilkada DKI

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon (tengah).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Putri Firdaus

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, turut menyaksikan secara langsung debat calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu malam 12 April 2017.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

Ia berharap, dalam pemilihan Gubernur DKI Jakarta putaran kedua, tidak ada lagi pemilih-pemilih ‘siluman’. 

"Misalnya, para pemilih yang tidak punya hak dipaksa untuk memilih. Atau, ada kartu-kartu yang ternyata dari daerah lain, atau ternyata orang yang tak punya hak. Ini yang perlu diwaspadai, pemilih siluman ini yang berbahaya," ungkapnya.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

Menurut dia, seluruh jajaran pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo harus mampu mengawal demokrasi, agar tak dibajak oleh kecurangan segelintir orang. Aroma politik uang, intimidasi hingga pemaksaan, kata Fadli mulai terasa.

"Aroma kecurangan, money politics, intimidasi, dan pemaksaan-pemaksaan kehendak yang dilakukan secara struktural, bahkan sistematis, mulai terasa. Saya kira, kalau ini yang dilakukan, ini sangat berbahaya," tutur Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Komjen Dharma Pongrekun Konsultasi Syarat Cagub Perseorangan ke KPU DKI

Yang paling penting, sambung dia, adalah bagaimana penyelenggara, yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU), bisa menjaga Pilkada ini berjalan dengan jujur, adil, objektif dan tidak ada kecurangan.

"Itu saja. Kalau tidak ada kecurangan, pasti berakhir dengan baik," tuturnya. (asp)

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta Selatan, Kamis, 25 Januari 2024

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menegaskan partainya tidak mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon Gubernur di Pilkada DKI Jakarta 2024. Partai

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024