Pilkada DKI 2017

Pola Pengamanan Jakarta di Hari Pemungutan Suara

Pengamanan Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia telah menyiapkan pola pengamanan Jakarta di hari pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah DKI putaran kedua, Rabu, 19 April 2017. 

Isu Kaesang Maju Pilgub DKI, Demokrat Masih Lihat-lihat

Menurut Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar, pola pengamanan Ibu Kota saat hari pemungutan suara kali ini, jauh berbeda dengan pola pengamanan pada Pilkada DKI putaran pertama lalu.

"Makanya pola pengamanan sekarang  ini agak berbeda," kata Boy di gedung Divisi Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 17 April 2017.

Gerindra Tak Ngotot Usung Kader Sendiri di Pilgub Jakarta

Boy menuturkan, pada Pilkada putaran kedua ini, pengamanan akan dilakukan mulai dari lokasi pemungutan suara (TPS). Setiap TPS yang ada di Jakarta akan ditempatkan dua personel keamanan dari TNI dan kepolisian, serta dibantu petugas Linmas.

Selain pengamanan langsung di TPS, kepolisian dan TNI akan melakukan patroli ke seluruh wilayah di Jakarta, mulai dari wilayah kelurahan hingga ke kecamatan. Satu tim patroli beranggotakan satu regu atau sebanyak 10 personel.

Pilih Anies atau Sahroni di Pilgub DKI 2024, Begini Jawaban Tak Terduga Surya Paloh

"Jadi, masyarakat enggak usah khawatir. Masyarakat lain yang ingin melakukan hal-hal seperti petugas hendaknya jangan dilakukan. Jadi silakan masyarakat yang punya kepentingan hadir di TPS masing-masing, yang hadir itu petugas penyelenggara dan petugas keamanan ataupun teman teman media yang meliput," tuturnya.

Tak hanya itu, menurut Boy, pola pengamanan juga diterapkan secara berlapis. Bahkan, pengamanan akan dilakukan hingga ke lingkar luar Jakarta atau ke wilayah-wilayah di perbatasan DKI, seperti Depok, Bekasi dan Tangerang.

"Hampir semua di sudut kota, Jadi semua titik-titik, baik itu perbatasan kota Jakarta dengan tetangga. Di tiap-tiap kecamatan ada kegiatan-kegiatan patroli yang sifatnya skala besar," kata Boy.

Pemungutan suara Pilkada DKI putaran kedua akan berlangsung lusa, Rabu, 19 April 2017. Ada lebih dari 13.034 TPS di seluruh Jakarta. (ase)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya