Pemudik Motor Diprediksi Berangkat H-5 Lebaran

Pemudik yang mengendarai sepeda motor.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Kristian Ali

VIVA.co.id – Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol M Iriawan pada hari ini mengecek jalur mudik Lebaran yang biasa digunakan sepeda motor. Dalam kunjungannya, Iriawan mengatakan, para pemudik yang menggunakan sepeda motor diprediksikan akan berangkat pada H-5 Lebaran.

Mudik Gunakan Sepeda Motor Bakal Kena Tilang, tapi...

"Mereka diperkirakan H-5 mulai berangkat, karena ada libur cukup panjang. Kita harapkan kita fokus pada 22, 23, 24 Juni. Prediksi arus mudik 22 dan 23 Juni sehingga akan ada pengecekan jalur dan pengamanan," kata Iriawan di pos atau cek point di wilayah Bekasi, Jawa Barat, Selasa 6 Juni 2017.

Nantinya, di sepanjang jalur Kalimalang mulai dari Halim hingga Kedung Waringin Kabupaten Bekasi, akan ada 102 titik anggota yang berjaga. "Setiap titik ada dua anggota yang berjaga, selain patroli kendaraan roda dua dan roda empat yang kita siapkan," tuturnya.

Kakorlantas Minta Pemudik Motor Jangan Bawa Lemari

Selain penempatan anggota, akan ada tiga pos atau cek point bagi pengendara yang ingin beristirahat. Dalam pos tersebut nantinya ada bengkel, dokter, makanan dan minuman seadanya dan bus jika nantinya para pengendara motor over kapasitas.

Mengenai prediksi berapa jumlah kendaraan sepeda motor dalam mudik Lebaran 2017 ini, mantan Kapolda Jabar ini memprediksi hampir sama dengan tahun lalu. Namun ia mengimbau agar masyarakat menggunakan transportasi umum agar aman.

Kemenhub Prediksi Pemudik Motor 2018 Capai 8,3 Juta Jiwa

"Mungkin hampir sama dengan tahun lalu. Namun pemerintah sudah menyiapkan banyak seperti kapal laut, dan lain sebagainya seperti yang kita dengar di televisi. Kapal laut dipersiapkan. Mudah-mudahan saudara kita bisa menggunakan itu. Karena lebih aman dan istirahat lebih banyak, kalau di sini kan mengemudikan sendiri jadi rentan accident (kecelakaan) dan lain sebagainya," katanya.
 

Pemudik roda dua menyisir jalur Kalimalang hingga perbatasan Kabupaten Bekasi

Musim Mudik, Ribuan Kendaraan Roda Dua Sesaki Arteri Bekasi

Masih ada pemudik yang lebih memilih menggunakan sepeda motor.

img_title
VIVA.co.id
9 Juni 2018