Kronologi Aksi Brutal Tahanan Kejaksaan di Jalan Juanda

Kondisi mobil Kejaksaan yang alami kecelakaan di Depok
Sumber :
  • VIVA.co.id / Zahrul Darmawan (Depok)

VIVA.co.id – Kepala Kejaksaan Negeri Depok, Sufari, menjelaskan peristiwa aksi nekat tahanan Kejaksaan yang membuat heboh warga di sekitar kawasan Jalan Juanda, Depok, Jawa Barat, Kamis, 22 Juni 2017.

Operasi Keselamatan 2024 Rampung, Catat 372 Orang Tewas Karena Kecelakaan

Aksi yang dilakukan terdakwa atas nama Ari Wicaksono ini terbilang cukup nekat. Sebab, dengan tangan masih terbelenggu borgol ia mampu membuat empat orang petugas tak berdaya. Ajaibnya lagi, ia bahkan berhasil merebut kemudi untuk kabur dengan mobil tahanan tersebut.

Sufari mengungkapkan, kejadian bermula ketika pihaknya membawa pulang terdakwa dari Rumah Sakit Polri untuk menjalani sidang tuntutan.

Korlantas Polri Beri Bantuan ke Bocah SD yang Kecelakaan hingga Kaki Kanan Diamputasi

“Kita ambil dari Rumah Sakit Polri karena dia sakit. Sebelumnya kita tahan di Rutan Cilodong karena kondisinya sakit terus kita rujuk ke Rumah Sakit Polri. Di sana (RS) sempat semalam, nah saat ini tadinya mau sidang tuntutan,” kata Sufari di lokasi kejadian.

Namun di tengah perjalanan tepatnya di kawasan Jalan Juanda, terdakwa memanfaatkan kelengahan petugas.

Utamakan Keselamatan, Ini Tips Aman Berkendara Sepeda Motor

“Sampai Juanda ini posisinya kan dia di belakang, nah salah satu petugas turun karena kehausan. Kemudian dia (terdakwa) lompat dari belakang ke depan kemudi. Empat orang itu dilawan, dilumpuhkan hingga tak berdaya,” katanya.

“Staaf kami semua terlempar semua. Dia ngelawan dengan kondisi terborgol, mengemudi pun dalam keadaan terborgol,” ucap dia lagi.

Lebih lanjut Sufari menambahkan, empat petugas yang menjaga saat itu tidak dilengkapi dengan senjata. Tak lama setelah berhasil kabur dengan mengemudikan mobil tahanan, Ari akhirnya berhasil dilumpuhkan petugas Satlantas Polresta Depok. Namun dalam pelariannya, mobil yang dikemudikan Ari sempat menghantam sejumlah mobil yang melintas di Jalan Juanda, Depok. Kini kasusnya ditangani Polresta Depok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya