Arus Balik, Polisi Siapkan Contra Flow di Tol Cikampek

Ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek, di Bekasi, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARA/Risky Andrianto

VIVA.co.id – Polisi menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas menghadapi arus balik Lebaran. Rekayasa disiapkan di jalur masuk utama menuju Jakarta di Tol Cikampek.

Tol Cikampek Macet Parah, Antrean Kendaraan Mengular hingga Belasan Kilometer

"Kalau nanti ada kemacetan atau meluapnya pemudik balik ini kami gunakan contra flow ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Selasa 27 Juni 2017. 

Argo mengatakan, opsi contra flow bakal dilakukan di jalur Cikampek yang mengarah ke Ibu Kota. Pengawasan sudah mulai dilakukan mulai dari kilometer nol hingga kilometer 39 jalur Tol Cikampek. "Untuk saat ini masih terpantau lancar," kata Argo. 

Demoi Buruh di Cibitung Bekasi Picu Kemacetan Tol Jakarta Cikampek

Sejumlah aparat dan pos pengamanan, juga sudah disiapkan untuk terus memantau perkembangan arus lalu lintas di Tol Cikampek. Misalnya, di kilometer 9, kilometer 26, kilometer 33, 34, dan 39.

Selain memantau langsung secara pandangan mata, aparat gabungan Polri dan petugas Jasa Marga juga memantau arus lewat kamera pengawas (CCTV) yang terpasang di beberapa titik Tol Cikampek. "Semua kami koordinasi dengan Jasa Marga," ujarnya.

Direktur PT Bukaka Sofiah Balfas Jadi Tersangka Baru Korupsi Proyek Tol MBZ

Pemerintah memprediksi, puncak arus balik bakal terjadi pada Jumat 30 Juni dan Sabtu 1 Juli. Pemudik pun disarankan pulang lebih awal guna menghindari penumpukan kendaraan. (mus) 

Ilustrasi Contraflow satu lajur arah Cikampek Utama

53 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Melalu Tol Cikampek pada H-2 Natal

Sebanyak 53 ribu kendaraan tercatat meninggalkan Jakarta melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek dari Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, Jawa Barat

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2023