Terbang di Monas, Drone Jatuh Dilumpuhkan Paspampres

Ilustrasi drone.
Sumber :
  • www.pixabay.com/MabelAmber

VIVA.co.id –  Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) melumpuhkan sebuah sebuah pesawat tanpa awak alias drone yang terbang di lapangan silang Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat.

Prajurit TNI Pasukan Perdamaian di Lebanon Masih Waspadai Bom sampai Serangan Drone

Drone berwarna putih itu, dilumpuhkan Paspampres dengan menggunakan alat pelemah sinyal. Drone lalu diturunkan setelah sistem komunikasinya tak lagi berfungsi.

Drone tersebut ternyata milik seorang jurnalis stasiun televisi swasta bernama Gregorius Bayu, drone diterbangkan untuk meliput jalannya peingatan HUT Bhayangkara ke 71. 

Serangan Besar-besaran, Lusinan Drone Ukraina Bombardir Rusia

"Iya benar, (drone) diturunkan dengan menggunakan jammer," kata Greogorius saat dikonfirmasi VIVA.co.id, Senin, 10 Juli 2017

Sebelumnya, dalam acara HUT Bhayangkara ke 71 tidak dilarang untuk menerbangkan drone dan mengambil gambar dari udara. Para jurnalis yang ingin mengambil gambar telah mendapatkan izin menggunakan drone.

Update Antidrone untuk Menangkal Spionase

Bahkan, ada petugas yang memperbolehkan drone naik saat acara berlangsung. Namun diduga karena adanya kesalahan koordinasi antar petugas, drone akhirnya diturunkan.
 

Taksi Terbang

Pemerintah Ingin Taksi Terbang Meluncur dalam 2 Tahun

Taksi terbang pertama bisa lepas landas di Inggris tahun 2026 dan menjadi pemandangan biasa di langit dua tahun setelahnya, jika pengumuman pemerintah berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024