Pasukan Oranye Malas-malasan, Jakarta Kotor Lagi

Ilustrasi pasukan oranye
Sumber :
  • VIVA.co.id / Muhammad Iqbal

VIVA.co.id – Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menilai, kinerja Pekerja Penanganan Sarana Umum (PPSU) atau yang dikenal pasukan oranye semakin menurun. Hal itu terlihat mulai kotornya sejumlah ruas jalan dan sungai-sungai yang mulai dipenuhi sampah. 

Viral Petugas PPSU Jakut Disuruh Ngutang Pinjol oleh Atasan, Heru Budi Minta Usut

Prasetyo mengatakan, malasnya PPSU ini tak terlepas dari lengahnya pengawasan di tingkat wilayah yang mempekerjakan pekerja harian lepas itu. 

"Sekarang kok PPSU agak malas-malasan. Nah saya minta kepada Bapak Gubernur, Wali Kota, Camat dan Lurah untuk lebih digiatkan kembali," kata Prasetyo di Balai Kota, Jakarta, Senin, 24 Juli 2017.

Teknologi Pengolahan Sampah RDF Dikritik, Riskan Diterapkan di Jakarta

Wilayah yang diamati Prasetyo salah satunya adalah di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Politikus PDI Perjuangan itu menganggap jumlah PPSU semakin berkurang. 

Ia menegaskan bahwa kinerja pasukan oranye merupakan program unggulan pada era Basuki Tjahaja Purnama sewaktu menjabat Gubernur.

Disentil Jokowi soal ITF Sunter, Heru Budi Malah Pamer Pengolahan Sampah Anies di Bantargebang

"Jangan sampai era Gubernur baru PPSU malah hilang. Saya mendukung Gubernur terplilih nanti ditambahkan lagi tenaga-tenaga kerja. Dan saya mendengarkan ucapan Pak Gubernur (Djarot) tadi agar ditingkatkan PPSU nanti," kata dia. 

Prasetyo juga mendesak agar pimpinan di satuan wilayah untuk lebih ketat mengawasi kinerja PPSU. Pasalnya, kerja PPSU ini sudah dialihkan ke tiap wilayah, sehingga tanggung jawab ada pada mereka. 

"Kontrol dari kelurahan sendiri yang punya mekanisme. Nah ini kontrol dari PNS sendiri juga, bagaimana mengontrol mereka," kata Prasetyo. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya