Mirip Bajaj, Ini Wajah Baru Bemo Jakarta

Bajaj Qute mulai gantikan bemo di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Warga Jakarta dipastikan masih bisa menikmati layanan transportasi bemo. Sebab, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, telah menyiapkan bemo baru untuk beroperasi. Tapi kali ini, bemo yang akan dioperasikan di Jakarta bukan bemo-bemo yang pernah ada.

Detik-Detik Bajaj Lawan Arah di Tol Janger, Sopir Ngaku Salah Baca Google Maps

Bemo yang akan mengaspal ialah kendaraan sejenis bajaj, hanya saja bajaj ini memiliki roda empat, dengan bahan bakar gas. Bemo ini bernama APB (Angkutan Pengganti Bemo).

Menurut Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Andri Yansyah, sebanyak 17 unit APB sudah mulai diuji coba untuk beroperasi di beberapa lokasi di Jakarta.

Kakak-Beradik Jadi Tersangka Kasus Adu Jotos Jukir vs Sopir Bajaj di Jakpus

"Uji coba ini juga untuk menyerap masukan dari masyarakat. Mereka bebas beroperasi se-Jakarta dan tarifnya belum ditentukan," kata Andri Yansyah, Senin 24 Juli 2017. 

Andri mengatakan, pergantian armada bemo menjadi bajaj APB sudah sesuai dengan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang angkutan umum yang harus beroda empat. 

Heboh Supir Bajaj Bertarung Sengit Dengan Juru Parkir di Minimarket Kemayoran

Tak hanya bemo, menurut Andri, nantinya bajaj beroda tiga yang beroperasi saat ini, juga akan bernasib sama dengan bemo. Bajaj beroda tiga disarankan juga beralih ke armada bajaj beroda empat.

"Bajaj boleh beroda tiga, tapi dianjurkan roda empat. Kalau mereka mau menganti kendaraannya tidak apa - apa," kata dia. 

Bajaj APB beroda empat yang akan beroperasi di Jakarta, dapat memuat penumpang dengan jumlah empat orang saja. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya