Tempat Simpan Bendera Pusaka Dilapisi Kaca Antipeluru

Bendera Merah Putih.
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat mengatakan telah memperbarui tempat penyimpanan bendera pusaka yang ada di Monumen Nasional, Jakarta Pusat. Tempat tersebut dirancang khusus agar bendera tidak rusak.

Siap-siap Menyaksikan Batu Bercahaya Lewat Usai Subuh

"Itu kan sudah lama sekali tidak mendapatkan perhatian. Ya, Alhamdulillah dua tahun ini sudah kami benahi, termasuk penyimpanan bendera pusaka di sana," kata Djarot di lokasi, Rabu, 26 Juli 2017.

Djarot menjelaskan, tempat penyimpanan bendera pusaka pun didesain sedemikian rupa bahkan antipeluru. "Tempat bendera itu antipeluru setebal 12 sentimeter dan di dalamnya sudah diukur suhunya, diukur kelembapannya supaya awet dan bagus," ucap Djarot.

Jalan di Monas Dibuka, Polisi Harap Massa Reuni 212 Tak Datang Lagi

Menurut dia, bendara pusaka merupakan barang berharga yang harus dijaga kelestariannya. Bahkan, dia meminta agar bendera tersebut dijaga 24 jam secara bergantian oleh personel TNI dan Polri.

Upaya itu dilakukan meniru penjagaan bendera pusaka di beberapa negara lain, seperti di Inggris, di mana pengamanan dan pengawasannya sangat tertata.

Polisi Ungkap 500 Simpatisan Reuni 212 Sempat Coba ke Monas

"Jadi kami usulkan bendera pusaka dijaga dua orang saja, dari TNI Angkatan Darat, Laut, Udara dan Polri," ujar dia.

Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di HUT Kemerdekaan RI ke-78

Jarang Diketahui, Ini Perbedaan Sang Saka Merah Putih dan Bendera Merah Putih

Mungkin masih banyak dari kita yang masih belum mengetahui perbedaan antara sang saka merah putih dan bendera merah putih. Bendera merah putih adalah lambang kebangsaan.

img_title
VIVA.co.id
18 Agustus 2023