Sindikat Pemeras di Pondok Indah Digerebek Polisi

Ilustrasi penangkapan
Sumber :
  • Pixabay/Jushemannde

VIVA.co.id – Sebuah rumah yang berlokasi di Pondok Indah, Jakarta Selatan, digerebek polisi. Penggerebekan ini terkait informasi adanya sindikat pemeras asal China yang beroperasi di rumah tersebut.

Saksi Ungkap SYL Setoran Uang Bulanan ke Istri Hingga Puluhan Juta

Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Didik Sugiarto, mengungkapkan penggerebekan ini adalah hasil pengembangan informasi antara Polri dan kepolisian China.

“Kami ajak rekan-rekan kepolisian China di lokasi. kami ajak mereka dan melakukan integorasi awal, termasuk orang-orang yang kami amankan,” ujarnya saat wawancara dengan tvOne, Sabtu 29 Juli 2017.

Bang Jago Peras 3 Minimarket di Jakbar, Ngambil Barang Seenaknya tapi Gak Mau Bayar

Setidaknya ada 29 orang yang diamankan dari rumah tersebut. Semuanya adalah warga negara asing asal negeri Tirai Bambu dan tidak memiliki paspor resmi.

Didik menuturkan, para pelaku melakukan pemerasan dengan cara menghubungi korban. Mereka berpura-pura sebagai petugas polisi atau pihak bank, dan mengatakan bahwa korban sedang diselidiki atas sebuah kasus.

Terungkap, Syahrul Yasin Limpo Pernah Minta Anak Buahnya Hapus Bukti Catatan Keuangan

Agar kasus tersebut tidak dilanjutkan, korban harus menyetor uang dengan nominal yang sangat besar. Uang dibayarkan melalui transfer dan dalam mata uang Yuan. Saat satu kali beraksi, sindikat ini bisa mendapatkan hingga Rp600 miliar.

Selain menangkap pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti, seperti iPad, ponsel dan laptop.

Selain di Jakarta, penggerebekan juga dilakukan polisi di Bali, terkait kasus yang sama. Diduga, sindikat ini memiliki beberapa jaringan yang tersebar di Indonesia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya