Bulan Patuh Trotoar, Tanah Abang dan Kebon Sirih Diawasi

Motor lewat jalur trotoar
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Kepala Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi Jakarta Pusat Harlem Simanjuntak mengemukakan, ada beberapa kawasan yang akan diawasi dalam pelaksanaan program Bulan Patuh Trotoar di Jakarta Pusat. 

Pamer Trotoar Baru Cikini, Warganet: Keren Pak Anies! 

Kawasan tersebut di antaranya Tanah Abang, Kebon Sirih, dan seluruh Jalan Medan Merdeka. "Lokasi lain tetap dilakukan pengawasan," kata Harlem, Selasa, 1 Agustus 2017.

Menurut Harlem, operasi kali ini tak hanya diikuti petugas Suku Dinas Perhubungan Jakarta Pusat tapi juga petugas gabungan dari Satpol PP, TNI dan Polri.

Dishub DKI Bakal Bikin Pergub soal Skuter Listrik

Operasi ini diawali dengan apel persiapan. Setelah apel, petugas mulai bergerak ke Tanah Abang dan daerah-daerah lainnya untuk menjalankan operasi dan pengaturan arus lalu lintas.

Harlem mengatakan, sejauh ini trotoar di kawasan Tanah Abang relatif kondusif dan para pejalan kaki tak terganggu. Dia berharap kondisi seperti ini terus berlanjut dan kesadaran masyarakat untuk berlaku tertib terus meningkat. 

Polling VIVAnews: Pembaca Setuju Perluasan Trotoar Tak Bikin Macet

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta  menggelar program Bulan Patuh Trotoar mulai hari ini, 1 Agustus 2017. Program akan dilaksanakan hingga satu bulan mendatang.

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyebutkan, penertiban ini tidak hanya menyasar pengendara motor yang kerap menerobos trotoar. Namun juga akan menata pedagang kaki lima dan saluran kabel.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan, penertiban di sepanjang jalur trotoar ini akan diintensifkan di lima wilayah kota dan satu kabupaten administratif Kepulauan Seribu. "Target kami 150 bentangan trotoar," katanya, Senin, 31 Juli 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya