Polisi Minta Sistem Satu Arah di Depok Dievaluasi

Penerapan sistem satu arah di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara Depok
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Sebagian kalangan menilai, kebijakan penerapan sistem satu arah yang diberlakukan Pemerintah Kota Depok di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara,  kurang tepat. Sebab, alih-alih mengurangi kemacetan, yang terjadi justru sebaliknya.
          
Hal itu diakui Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Depok, Komisaris Sutomo. Pihaknya pun telah mengajukan usulan untuk segera dilakukan evaluasi. 

Total 3055 Polisi Diturunkan Amankan KPU dan DPR saat Pengumuman Hasil Pemilu 2024

“Saya rasa perlu dievaluasi, perlu dioptimalkan kembali. Sebab, yang kami lihat dan kami dengar laporan dari masyarakat yang terjadi justru sebaliknya, malah menambah kemacetan,” katanya kepada VIVA.co.id, Rabu, 2 Agustus 2017.
          
Kondisi terparah imbas dari kebijakan itu ialah terjadi penumpukan kendaraan dari arah Citayam, mulai dari kawasan Grand Depok City. Kepadatan terjadi di saat jam-jam sibuk berangkat kerja, terlebih pada saat weekend seperti Sabtu dan Minggu. “Jadi saya menilai ini belum efektif, sebaiknya dibuka kembali,” ujarnya menambahkan.
          
Pendapat serupa  diungkapkan Mawardi, salah satu warga Depok. Dia mengaku bingung dengan kebijakan tersebut. “Bukannya bikin lancar malah bikin semrawut. Harusnya jalannya yang ditambah atau dilebarin, bukan jalurnya yang dirombak-rombak,” katanya.

Kebijakan uji coba sistem satu arah yang diberlakukan Pemerintah Kota Depok telah berlaku sejak 29 Juli 2017. Kebijakan ini berlaku di Jalan Dewi Sartika dan Jalan Nusantara. Pengendara yang akan menuju Jalan Raya Sawangan diarahkan melintas di Jalan Nusantara dengan melewati Jalan Arif Rahman Hakim terlebih dahulu.
          
Adapun pengendara yang datang dari arah Jalan Raya Sawangan dan ingin menuju Margonda, dialihkan satu jalur melalui Jalan Dewi Sartika. (mus)
  

Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024, Ini Skemanya
Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan

Polri Telah Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Pantura Saat Arus Mudik 2024

Saat traffic counting menunjukkan adanya kepadatan maka bakal diberlakukan rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024