Pasukan Oranye Berijazah STM Berjasa Raih Adipura Bagi DKI

Pasukan oranye Jakarta saat beraksi membersihkan jalan raya dari sampah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali Wafa

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memboyong penghargaan lingkungan hidup dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan Piala Adipura yang secara spesifik diberikan kepada Pemerintah Kota Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan itu hari ini diserahkan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Viral Petugas PPSU Jakut Disuruh Ngutang Pinjol oleh Atasan, Heru Budi Minta Usut

Dua kota administrasi di Jakarta itu dinilai berhasil menjaga kebersihan dan pengelolaan lingkungan dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

"Ini keberhasilan semuanya. Bukan hanya pemerintah saja. Piala Adipura diperoleh karena partisipasi masyarakat," kata Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah, di Balai Kota Jakarta, Kamis 3 Agustus 2017. 

DKI Kerahkan 1.760 Pasukan Oranye untuk Jaga Kebersihan Saat Perayaan Natal

Saefullah mengatakan, keberhasilan ini juga tak lepas dari kontribusi Pekerja Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) alias pasukan oranye menjaga kebersihan Jakarta.

"Lagi-lagi yang menjadi pahlawan adalah PHL yang ijazahnya STM. Sepanjang PHL ini penggajiannya di administrasi Pemprov dengan baik. Saya yakin pekerjaannya juga baik," kata dia. 

Pengakuan Zulpikar, Anggota PPSU yang Dipecat karena Aniaya Pacarnya

FOTO: Jajaran pegawai Pemprov DKI berpose dengan Adipura dan Kalpataru.

Selain Adipura, Pemprov DKI juga menerima apresiasi Piala Kalpataru untuk wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu. 

Penghargaan lain juga diterima Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, Nirwasita Tantra Award, penghargaan ini diberikan karena Djarot dinilai berhasil meningkatkan kualitas lingkungan hidup di daerah berdasarkan dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji, mengatakan penghargaan ini akan menjadi pemicu agar jajarannya semakin giat bekerja. "Ini jangan membuat terlena," kata Isnawa. 

Tidak hanya institusi, kelompok masyarakat dan sekolah ikut menerima penghargaan. Seperti Piala Adiwiyata Mandiri, yang diraih empat sekolah di yaitu  SDN Wijaya Kusuma 02 Jakarta Barat, SDN Kebon Jeruk 11 Jakarta Barat, SMKN 27 Jakarta Pusat dan SMPN 140 Jakarta Utara. 

Sementara itu, wilayah Rukun Warga di 3 (tiga) kelurahan Jakarta juga berhasil masuk nominasi program nasional kampung iklim (Proklim) 2017, yaitu RW 07 Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, RW 03 Kelurahan Rawajati, dan RW 06 Kelurahan Kebon Kosong.

"Adiwiyata Mandiri adalah penghargaan bergengsi di bidang lingkungan hidup kepada Sekolah yang dinilai telah mampu mengaktualisasikan budaya lingkungan di semua aspek kegiatan sekolah dan juga telah berhasil membina sekolah imbas agar turut serta membudayakan ramah lingkungan dan melestarikan lingkungan," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya