Polisi Taiwan Tangkap Sindikat Sabu Satu Ton di Anyer

Rilis Kasus Satu Ton Sabu
Sumber :
  • ANTARA FOTO//Galih Pradipta

VIVA.co.id – Fakta baru terungkap dalam kasus penyelundupan satu ton sabu ke Anyer, Banten beberapa saat lalu. Fakta tersebut ternyata ada tiga pelaku lainnya dalam jaringan ini yang terlibat. Tiga pelaku berinisial AS, AP dan, AB sudah ditangkap oleh Kepolisian Taiwan tak lama kepolisian Indonesia mengamankan sabu satu ton.

Warga Pontianak Nekat Selundupkan Sabu Didalam Boneka ‘Hello Kitty’

"Total ada tujuh orang yang awalnya datang ke Indonesia pada bulan Juni. Tapi tujuh orang tersebut datang secara bertahap," kata Kasubdit III Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, AKBP Bambang Yudhantara, Kamis 3 Agustus 2017.

Yudha menjelaskan, dua pelaku awalnya datang pada tanggal 4 Juni. Lalu disusul empat pelaku datang pada 6 Juni siang dan satu pelaku lainnya datang pada 6 Juni malam.

Cerdik Tapi Apes, 2 Pria Ini Selundupkan Nasi Campur Narkoba ke Lapas Kediri

Usai ketujuh warga negara Taiwan ini tiba di Indonesia, tujuh warga Taiwan ini menuju sebuah rumah di daerah Duta Garden, Cengkareng, Jakarta Barat yang disewa dengan biaya Rp20 juta.

"Rumah ini yang rencananya dipakai untuk gudang jika sabu tersebut tiba di Anyer," ujarnya.

2 Oknum TNI Pembawa 75 Kg Sabu Lolos dari Hukuman Mati

Bambang menambahkan, ketiga pelaku yang ditangkap kepolisian Taiwan pulang ke negaranya dua minggu sebelum penggerebekan."Kita nanti akan memeriksa tiga orang itu di Taiwan untuk megetahui peran ketiganya," katanya.

Hari ini, Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi penyelundupan sabu satu ton di Anyer, Banten, pada 13 Juli lalu. Dalam rekonstruksi ini diawali dengan reka ulang kedatangan ketujuh pelaku ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta melalui terminal 2D.

Usai dari Bandara Soekarno Hatta, rekonstruksi dilakukan di sebuah rumah di perumahan Duta Garden, Cengkareng, Jakarta Barat. Lalu dilanjutkan dengan dua hotel di wilayah Jakarta Barat dan tempat penyewaan mobil di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Total pada hari ini ada 26 adegan reka ulang di lima tempat ini. Untuk rekonstruksi di Anyer dijadwalkan akan dilakukan pada pekan depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya