BPTJ Kaji Penerapan Ganjil Genap di Tol Cikampek

Pantauan kemacetan di Tol Cikampek.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Badan Pengelola Transportasi Jakarta, atau BPTJ sedang melakukan pengkajian penerapan aturan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap di ruas tol Cikampek, terutama di ruas jalan Tol Bekasi Barat-Cawang.

Tangan Diborgol, Pengemudi Fortuner Arogan Ngaku Adik Jenderal Tertunduk Lesu di Kantor Polisi

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, pengkajian aturan tersebut untuk menekan jumlah kendaraan pribadi dan membuat masyarakat beralih ke transportasi umum. "Kami push lagi kebijakan ganjil genap, kami terapkan di jalan tol, sehingga pengendara pribadi pindah ke angkutan umum," kata Bambang kepada VIVA.co.id, Rabu 16 Agustus 2017.

Ia menambahkan, pengkajian tersebut berdasarkan rapat dengan stakeholders lainnya dan akan memasuki tahap uji coba. "Dalam waktu dekat, dilakukan uji coba. Minggu-minggu ini lah kami persiapkan dulu," katanya.

Urai Peningkatan Arus Balik Lebaran, Contraflow Diberlakukan Kembali di Tol Japek

Dalam penerapannya nanti, kendaraan yang dilarang pada tanggal ganjil genap bisa beralih ke ruas jalan arteri dan jalan alernatif. Namun, langkah tersebut, kata Bambang, bukan tujuan pemerintah menerapkan aturan ganjil genap.

"Harapannya, pindah ke transportasi umum ya, bukan malah mengambil jalan lain. Jadi, ada pertanyaan kalau dilarang di situ di tempat lain macet? Bukan itu tujuan pemerintah. Karena, kita sudah menyediakan transportasi umum yang baik," ujarnya. 

Lalu Lintas Kendaraan di Tol Japek Arah Cikampek Dialihkan Keluar Km 68 GT Kalihurip

Dia menambahkan, "Bentar lagi ada LRT, lalu ada kereta api, mengapa memaksakan pakai kendaraan pribadi. Kalau itu angkutan umum tidak tersedia baik, tidak apa. Tapi ini kan sudah baik." (asp)

Pengemudi mobil Fortuner berinisial PWGA yang bersikap arogan dan menggunakan pelat dinas TNI palsu (berbaju tahanan warna oranye) di Polda Metro Jaya, Kamis, 18 April 2024

Polisi Sebut Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Ditangkap Saat Sembunyi di Rumah Kakaknya

Polda Metro Jaya koordinasi Mabes TNI melakukan penyelidikan dan berhasil menemukan pengemudi Fortuner itu.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024