Detik-detik Evakuasi Agustinus Usai 8 Hari di Atas Sutet

Agustinus saat dievakuasi dari atas Sutet di Jakarta Utara.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Setelah delapan hari berada di atas saluran udara tegangan ekstra tinggi (sutet) di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Agustinus Woro akhirnya dievakuasi, Selasa, 22 Agustus 2017.

Pria Tuna Wicara Nekad Panjat Tower, Diduga Stres Usai Miras

Agustinus diketahui berada di atas Sutet sejak Senin, 14 Agustus 2017. Evakuasi Agustinus ke bawah tidak mudah. Empat orang petugas PLN Jakarta Utara yang naik ke atas untuk mengevakuasi Agustinus mengalami kendala karena Agustinus tak langsung mau dievakuasi dari sana.

Evakuasi yang dimulai sejak pukul 12.35 WIB, baru rampung sekira pukul 14.00 WIB.  "Pada Pukul 12.35 WIB, empat orang Petugas PLN membujuk Agustinus agar mau turun, namun belum berhasil diturunkan. Dan baru berhasil menurunkan barang-barang milik Agustinus," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Komisaris Besar Polisi Dwiyono saat dikonfirmasi, Selasa, 22 Agustus 2017.

Filsafat Agustinus dalam Sila Pertama Pancasila

Barang-barang Agustinus yang dievakuasi terlebih dahulu yakni, satu tas ransel berwarna hitam. Dalam tas itu terdapat sebuah bendera merah putih, bendera berwarna biru, alat pengeras suara, koran, botol minuman, balsem, dua buah pisau kater, korek api gas, pulpen, serta kain putih. 

Selanjutnya, pada pukul 13.30 WIB, tim evakuasi dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara tiba di lokasi. 

Bawa Bensin, Agustinus Pemanjat Reklame Diperiksa Polisi

"Namun beliau menginginkan tetap bertahan di atas dan meminta aspirasinya ditanggapi. Agustinus ini sudah beberapa kali melakukan hal yang serupa di mana-mana," ujarnya.

Evakuasi dilakukan petugas Damkar Jakarta Utara dan PLN Jakarta Utara. "Yang bersangkutan sudah lemas sekali karena sudah delapan hari lebih setengah hari ini di atas sehingga harus dibawa dan dirawat ke Rumah Sakit Koja," katanya.

Sekira pukul 14.00 WIB, Agustinus berhasil dievakuasi setelah melewati perbincangan yang alot. Kondisi tubuhnya yang lemah membuat ia tak lagi bisa melawan untuk dievakuasi. Selanjutnya Agustinus dibawa dengan ambulans ke Rumah Sakit Koja, Jakarta Utara. "Kami terima kasih kepada masyarakat sekitar dan pengguna jalan yang telah membantu," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang pria Agustinus Woro kembali membuat heboh warga Jakarta dengan aksi nekatnya memanjat tower tinggi di Jakarta. Kali ini, aksi nekat Agustinus dilakukan di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara, dengan memanjat saluran udara tegangan ekstra tinggi (sutet).

Kejadian itu terjadi Senin, 14 Agustus 2017, sekira pukul 06.05 WIB. Petugas dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara yang menerima laporan langsung merapat ke lokasi guna mengevakuasi Agustinus. Namun, Agustinus berusaha melawan dan menolak untuk dievakuasi.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya