Honor Belum Jelas, Pak Ogah Batal Dilantik Polda Metro

Sejumlah 'Pak Ogah' atau Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas sedang menjalani proses latihan oleh anggota kepolisian beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Pasukan 'Pak Ogah' batal dilantik Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, hari ini, Sabtu 26 Agustus 2017. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra menjelaskan penundaan peluncuran tim Sukarelawan Pengatur Lalu Lintas itu batal dilakukan hari ini seperti rencana sebelumnya karena pihaknya masih menunggu keputusan honor mereka dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI.

Pak Ogah yang Aniaya Anggota TNI AL Resmi Ditahan, Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara

"Rencananya hari ini, tapi ditunda supaya koordinasi dahulu Kadin kan kita mau buat MoU. Kemudian kita mintakan jawaban dari gubernur sendiri biar sudah pasti baru kita buat launchingnya, kalau ada kepastian dari gubernur baru kita lakukan," ucap Halim di Markas Polda Metro Jaya, Sabtu, 26 Agustus 2017.

Selain honor para Supeltas, nantinya mereka akan mendapatkan kaos, rompi, dan topi khusus lengkap dengan identitas serta nomor masing-masing anggota. Semua itu dilakukan agar mereka mudah terawasi dan tidak kembali melakukan pungutan liar (pungli).

Aniaya Anggota TNI AL, Pak Ogah di Jaksel Jadi Tersangka

Para Pak Ogah pun diberikan peralatan yang menunjang pekerjaan mereka, seperti peluit dan pemahaman tentang peraturan lalu lintas dan gerakan mengatur lalu lintas sebelum terjun membantu mengurai macet di Jakarta. Namun, mereka hanya akan membantu mengatur lalu lintas di beberapa titik ruas jalan Ibu Kota yang tidak terjangkau oleh anggota polisi.

"Ada pengawasan masyarakat, seperti media juga mengawasi karena dia sudah punya nomor di topinya, misal di Jakarta Utara 1-90 di nomor ini sudah terdata, apabila melanggar maka kita akan tindak. Kita harapkan tidak (gabung dengan Polantas), dia (Supeltas) punya titik tersendiri," ujarnya.

Pak Ogah Penganiaya Prajurit TNI AL di Cilandak Ditangkap
(Ilustrasi) Penutupan jalan

Ricuh di Antasari Buntut U-Turn Ditutup, Pak Ogah Ngamuk

Kericuhan terjadi buntut penutupan U-Turn alias putaran balik di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, melibatkan 'pak ogah' dan warga sekitar

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2023