Kejadian-kejadian Aneh Saat Hujan Guyur Satu Rumah di Tebet

Suasana saat hujan mengguyur rumah Ahmad Muzakkir di Tebet.
Sumber :
  • Anwar Sadat - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Sebuah fenomena alam aneh terjadi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Hujan hanya menguyur satu rumah saja. Tak hanya sekejap, hujan itu mengguyur selama enam jam. 

Hujan Deras, 10 RT dan 1 Ruas Jalan di Jakarta Barat Banjir

Fenomena hujan aneh ini terjadi di rumah warga bernama Ahmad Muzakkir, di Jalan Raya Tebet Barat Dalam I.

Menurut Muzakkir, awalnya dia tak menyadari akan mengalami peristiwa alam yang mungkin belum pernah terjadi sebelumnya di Indonesia.

Ratusan Rumah di Pondok Pinang Terendam Banjir 1 Meter Lebih

"Waktu hujan, saya lagi main catur di dalam. Saat anak-anak teriak mau mandi hujan saya baru sadar kalau ternyata hujan. Tapi kok hujannya cuma di situ doang," katanya saat berbincang dengan VIVA.co.id, Selasa, 29 Agustus 2017.

Muzakkir menuturkan, sebenarnya ada keanehan lainnya yang dirasakannya ketika hujan aneh itu mengguyur rumahnya. 

Hujan Deras Sabtu Dini Hari di Ibu Kota Buat Jalan Tol Banjir

Muzakkir menceritakan, selama enam jam hujan mengguyur, pohon yang tumbuh di halaman rumahnya bergoyang kencang seperti tertiup angin. Padahal tak ada angin kencang yang berhembus di luar area rumahnya. Dan pepohonan yang tumbuh di rumah-rumah lainnya hanya bergoyang ringan saja.

"Kayak hujan angin, tapi pohon yang goyang cuma satu, pohon yang kena hujan doang goyang kayak ketiup angin. Yang lainnya enggak," ujar Muzakkir.

Semula kata Muzakkir, fenomena itu dianggap sebagai hal yang biasa oleh dirinya. Tapi, lama kelamaan, sekitar dua jam hujan mengguyur, sekitar rumahnya sudah ramai didatangi warga.

Hujan berhenti saat difoto

Hujan berhenti saat difoto

FOTO: Muzakkir pemilik rumah yang diguyur hujan di Tebet.

Dan, sebuah keanehan lagi-lagi terjadi, warga yang datang banyak yang berusaha mengabadikan peristiwa itu dengan berswafoto. Anehnya, saat kamera dibidik ke lokasi hujan, hujan tiba-tiba berhenti menguyur. 

"Banyak yang mau selfie, tapi ternyata saat warga mau selfie itu hujannya berhenti," ujarnya.

Warga sempat membubarkan diri usai hujan berhenti. Tapi, setelah lokasi sepi, hujan tiba-tiba kembali menguyur dengan derasnya. Bahkan, ada warga yang sengaja balik lagi ke lokasi untuk melihat hujan.

Muzakkir mengatakan, dia sempat menampung air hujan aneh itu untuk disimpan. Muzakkir sengaja menyimpan air hujan itu untuk keperluan penelitian jika ada pihak terkait ingin menyelidiki fenomena ini.

Namun ada juga warga yang sengaja menampung air hujan untuk keperluan spiritual dan mencari berkah.

"Ada yang coba mengambil air, ada juga ojek yang untuk cuci motornya. Mungkin mereka punya pemikiran sendiri. Saya sih memandangnya kebesaran Allah saja," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan di rumah Muzakkir ini mendadak jadi buah bibir setelah di unggah akun @febicil di Twitter pribadinya pada 26 Agustus 2017.

Dalam rekaman video berdurasi selama 15 detik itu, terlihat hujan hanya membasahi sebuah rumah besar di wilayah Tebet Barat Dalam atau tebat di belakang Hotel Ibis. Sementara rumah-rumah di samping dan depannya sama sekali tak tersentuh air hujan.

Menanggapi fenomena alam ini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, berdasarkan analisis radar cuaca BMKG, pada Sabtu 26 Agustus 2017 sekitar pukul 18.00-23.00 WIB, di lokasi turunnya hujan aneh ini tidak terdeteksi partikel yang diasumsikan sebagai hujan.

Namun menurut BMKG, fenomena hujan lokal seperti ini memang suatu yang lazim terjadi di wilayah tropis seperti Indonesia.

Menurut Kepala Bidang Informasi Cuaca BMKG, Agie Wandala Putra, secara fisis awan tidak memungkinkan adanya awan hujan dengan skala rumah. Kecuali, katanya hanya shading atau limpahan hujan saja.

"Tapi waktu juga tidak mungkin kalau lama. Seperti syarat radius area kumulus yang mencapai 7 kilometer," katanya.

Lihat videonya di bawah atau klik ini:

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya