Djarot Resmikan Model Penampungan Hewan Kurban

Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat.
Sumber :
  • Yunisa Herawati/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, meresmikan model penampungan dan pemotongan hewan kurban di Masjid Jami' Baiturrahman Al-Haq Jalan Haji Mochtar Raya, Kelurahan Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Jumat, 1 September 2017.

6 Syarat Hewan Kurban yang Perlu Dipenuhi dalam Perayaan Idul Adha

Dia mengatakan tempat pemotongan hewan kurban ini diberikan pemerintah agar proses penyembelihan dilakukan secara bersih dan memenuhi standar syariat agama Islam. Penyembelihan juga dilakukan oleh petugas yang telah dilatih.

"Sehingga daging kurban yang dibagikan aman dan layak untuk dikonsumsi," kata Djarot yang ditemani sang istri Happy Farida.

Jaga Kerukunan, Muhammadiyah Imbau Warganya Sembelih Hewan Kurban 29 Juni

Djarot mengharapkan, dengan adanya tempat penampungan dan pemotongan hewan kurban ini, masyarakat tidak lagi menaruh hewan kurbannya di sembarang tempat sehingga tidak mengganggu kenyamanan lingkungan sekitar.

"Sehingga ketika musim haji seperti ini saya minta tempat-tempat seperti ini bisa menampung hewan kurban dari sekitarnya. Pengolahan limbahnya saya lihat bagus. Sehingga dijamin betul pengolahan limbahnya," ujarnya.

Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Sunnnah

Politikus PDI Perjuangan itu tak menjelaskan secara rinci berapa dana yang dikeluarkan untuk membuat model penampungan dan pemotongan hewan kurban tersebut. Hanya saja, kata dia, anggaran yang digelontorkan untuk tiga lokasi mencapai Rp1 miliar.

"Ini merupakan suatu model yang menurut saya tidak terlalu mahal. Karena tiga lokasi cuma Rp1 miliar, sehingga sekitar Rp250 juta, tempat ini paling kecil (Masjid Jami' Baiturrahman). Mudah-mudahan program seperti ini tetap berlanjut. Karena ini bermanfaat betul," kata Djarot. (ase)

Relawan Pendukung Herviano Lakukan Penyembelihan Hewan Kurban

Relawan Pendukung Herviano Berkurban, Sebar Daging Untuk Masyarakat di Beberapa Kota

Kurban saat pelaksanaan ibadah Hari Raya Idul Fitri dimaknai juga sebagai kepedulian sosial. Sebab hewan kurban dibagi-bagikan terutama kepada masyarakat yang tidak mampu

img_title
VIVA.co.id
29 Juni 2023