Sesak Terhimpit Antrean, Penumpang Trans Jakarta Pingsan

Gadis penumpang Trans Jakarta yang pingsan di halte Harmoni.
Sumber :
  • Viva.co.id/Afra Augesti

VIVA.co.id –  Seorang wanita bernama Ani, berusia 20 tahun,  pingsan di halte Harmoni Central Busway. Ketika siuman Ani mengaku sesak saat terhimpit antrean penumpang bus.

Anies Pamer Halte Baru Transjakarta usai Dibakar Pendemo Omnibus Law

Menurut keterangan yang dihimpun Viva.co.id di lokasi kejadian, korban tiba-tiba terjatuh dan langsung tak sadarkan diri saat menunggu bus TransJakarta koridor 2B arah Kalideres.

Begitu melihat korban yang pingsan, penumpang lain segera menggotongnya menuju kursi tunggu penumpang yang berada di dekat koridor 8 arah Harmoni - Lebak Bulus. Seketika, Ani langsung mendapat pertolongan pertama dari petugas TransJakarta (TJ) yang berjaga.

Anies Pastikan Halte Transjakarta Bundaran HI Beroperasi Senin Besok

"Sekitar jam 7 (19:00 WIB) pingsannya. Ini udah setengah jam nggak sadar-sadar. Tadi orang-orang pada gotong ke sini (bangku), saya juga nggak tau kapan dia pingsan. Taunya udah digendong aja," kata seorang ibu yang menolongnya, Senin 19 Januari 2017.

Sekitar pukul 19:38 WIB, korban mulai siuman dan petugas TJ langsung memberikannya teh manis hangat. Badan Ani pun diolesi minyak kayu putih oleh ibu yang menolongnya. Sesaat setelah siuman, Ani mengatakan bahwa dirinya memang merasa sesak saat berada di tengah himpitan antrean.

Dirut Transjakarta: Halte yang Hangus Terbakar Perlu Perbaikan 2 Bulan

"Tadi pulang kerja, mau balik ke rumah di Pesakih. Dari awal antre di sini (Harmoni), aku udah ngerasa pusing dan lemas, soalnya sesak di antrean. Biasanya aku dijemput, tapi lagi pengin naik TJ," ujar karyawan swasta yang bekerja di kawasan niaga SCBD ini.

Antrean yang terjadi di Harmoni Central Busway saat jam sibuk, yakni sekitar pukul 17:00 hingga 20:00 WIB, memang menggila. Terlebih, di antrean koridor 2B dan 3, tak ada separator atau pemisah untuk penumpang laki-laki dan perempuan.

Akibatnya, seluruh penumpang wanita dan pria berjubel menjadi satu di koridor tersebut dan menimbulkan kesesakan hingga saling dorong saat menaiki bis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya