DPRD DKI Dapat Tunjangan 7 Kali Lipat Gaji Gubernur

Suasana rapat di DPRD DKI Jakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Tunjangan pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta dipastikan bakal naik, usai anggaran pendapatan belanja daerah perubahan 2017 disahkan. Salah satu tunjangan yang akan naik, yaitu tunjangan komunikasi insentif atau tunjangan reses.

Sirkuit Formula E Pakai Bambu, Gilbert-PDIP Tuding Anies Bohong Lagi

Sekretaris Dewan DPRD DKI, Muhammad Yuliadi mengatakan, jumlah tunjangan reses ditetapkan Rp 21 juta atau tujuh kali lipat dari gaji pokok Gubernur DKI Jakarta, yaitu Rp3 juta. Sebelumnya, tak ada tunjangan reses yang diterima dewan. Mereka hanya menerima uang representasi sebesar gaji gubernur yaitu Rp3 juta.

"Uang representasi kan ditetapkan besarannya sesuai dengan gaji pokok gubernur yaitu Rp3 juta. Kalau dia ambil reses, maka dia dapat tunjangan reses besarnya tujuh kali dari uang representasi itu," kata Yuliadi di Balai Kota, Jakarta, Senin 2 Oktober 2017.

Cek Fakta: Anies Resmi Ditahan KPK

Kendati demikian, Yuliandi mengatakan, tunjangan itu hanya akan diterima pimpinan dan anggota dewan sampai akhir 2017. Sebab, di 2018 akan kembali disesuaikan dengan APBD DKI Jakarta 2018, yang belum disusun. "Ya (tunjangan reses) hanya di akhir (2017) ini saja. Tahun (APBD) 2018 kan nanti," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencapai kata sepakat dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta terkait rancangan anggaran pendapatan belanja daerah perubahan 2017. Anggaran senilai Rp71,8 triliun tersebut akhirnya disahkan. Angka itu naik sekitar Rp1,7 triliun dari APBD 2017 sebesar Rp70,1 triliun. (mus)

Daftar Gaji dan Tunjangan DPRD DKI yang Naik pada 2022
Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono

Politikus PDIP Kritik Soal Anggaran Sirkuit Formula E Naik Rp10 Miliar

Anggaran pembangunan sirkuit Formula E tambah sebesar Rp10 miliar. Menurut Gembong, jika ada penambahan anggaran itu maka harus melalui kontrak ulang. 

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022