Dua Juta Orang Melamar CPNS, Sayangnya Banyak yang Main-main

Ilustrasi tes CPNS.
Sumber :
  • Dimyati Hamzah | Surabaya Post

VIVA.co.id – Pemerintah membutuhkan puluhan ribu Pegawai Negeri Sipil. Tapi ternyata, lebih dari dua juta orang melamar lowongan CPNS 2017.

Berkas Lengkap, Olivia Nathania Putri Nia Daniaty Segera Disidang

Sayangnya, menurut Badan Kepegawaian Negara, banyak sekali pelamar terutama pada gelombang kedua, yang terkesan asal-asalan dalam melengkapi syarat administrasi.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan setidaknya ada ratusan ribu peserta CPNS 2017 gelombang kedua di 60 kementerian atau lembaga tidak melengkapi dokumen sebagai syarat pendaftaran awal.

Hasil Psikotes Seleksi CPNS Nol, Kejagung Beri Tanggapan

"Ratusan ribu yang mendaftar, separuhnya tidak melengkapi dokumen. Saya agak menyayangkan juga ini kan informasi penting yang dibutuhkan negara," kata Bima di Kantor BKN, Jakarta Timur, Jumat 6 Oktober 2017.

Dia menyesalkan banyak para pelamar yang menganggap bahwa penerimaan CPNS 2017 sebagai ajang coba-coba. Mereka tidak melengkapi sejumlah dokumen yang dibutuhkan sejumlah kementerian atau lembaga tersebut.

Jenguk Olivia Nathania, Farhat Abbas Sampaikan Maaf dari Nia Daniaty

"Banyak yang coba-coba, mereka daftar, tapi ditinggal begitu saja. Kenapa kok dibuat main-main begini. Separuh dari peserta tidak meng-upload dokumennya. Tentu saja  tidak bisa diproses," ujarnya.

Kata dia, banyaknya peserta yang tidak lolos persyaratan administrasi lantaran banyak yang tak membaca lebih jauh mengenai syarat pendaftaran yang telah ditentukan.

"Misal akreditasi (perguruan tinggi) harus B, A. Jadi setelah seleksi administrasi itu hanya seperempat yang bisa ikut seleksi kompetensi dasar. Jadi mereka hanya upload nama saja, mereka enggak baca persyaratan dengan baik," kata dia.  (one)

Baca: Lowongan PNS Puluhan Ribu yang Melamar 2 Juta Orang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya