KKP Ajak Lulusan Universitas Bakrie Geluti Dunia Perikanan

Dirjen Perikanan Tangkap KKP, Raden Syarief Widjaja.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Dirjen Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan, Raden Syarief Widjaja mengajak lulusan Universitas Bakrie untuk berkarier di dunia perikanan dan kelautan. Sebab, saat ini industri perikanan Indonesia sedang berkembang.

Universitas Bakrie Ajak Pemuda Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan

"Kami mengundang teman-teman ini untuk dengan senang hati menoleh ke laut, karena laut kita sekarang menjanjikan," kata Syarief dalam acara wisuda ketujuh Universitas Bakrie, di Ballroom Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Selasa 10 Oktober 2017.

Menurutnya, bekal para alumni Universitas Bakrie terjun ke dunia industri sangat besar. Sebab, saat menjalani perkuliahan, para mahasiswa Universitas Bakrie magang di industri.

Komitmen Universitas Bakrie Terhadap Net Zero Emission

"Kami apresiasi sekali, karena ada program di mana mahasiswa diberikan magang di industri dan sebagainya. Saya mengundang semuanya untuk terlibat di dalam proses kita membangun negeri ini," ucapnya.

Jika ingin berkarier dan berbisnis di dunia perikanan, ia pun menyampaikan syarat, yaitu tidak tinggal di Jakarta. Hal itu ia ungkapkan, karena produksi ikan di Indonesia berada di pesisir, atau pinggiran daerah di Indonesia.

Jangan Patah Semangat Bisnis Akuakultur, Bisa Coba Cara Ini

"Tapi dengan syarat nih, tidak bisa berkarya di Jakarta, karena tempatnya ikan bukan di Jakarta tetapi tempatnya ikan ada di Morotai, Biak, Natuna, Merauke, dan daerah pinggiran lainnya. Rasanya sebagai anak muda memulai karier dari daerah situ," katanya.

Dengan terlibatnya generasi muda di industri perikanan, ia pun yakin akan menumbuhkan ekonomi setempat.

"Nelayan kita kan pendidikannya tradisional dan terbatas. Kalau digabung dengan mahasiswa yang punya suatu inovasi dan kreativitas, saya yakin pertumbuhan daerah itu tumbuh pesat," katanya.

Menanggapi ajakan tersebut, Rektor Universitas Bakrie, Sofia W. Alisjahbana mengaku senang dan menyambut baik.

"Kami senang dan menyambut baik. Walaupun di kami tidak ada jurusan khusus itu, tetapi kami senang jika kerja sama ini terjalin," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya