Lapas Terbuka Ciangir Dibangun, Berkapasitas 5.000 Napi

Peletakan batu pertama Lapas Terbuka Ciangir, Tangerang
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA.co.id – Lembaga Pemasyarakatan Terbuka atau Open Camp di Desa Ciangir, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, bakal berkapasitas 5.000 narapidana.

Ditangkap Densus, Status PNS di Kabupaten Tangerang Tersangka Teroris

Menurut Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM), Yasonna Laoly, selain dapat menampung 5.000 warga binaan, terdapat 500 petugas yang akan ditempatkan di Lapas Ciangir.

"Nantinya, ini kapasitas besar. Dengan narapidana atau warga binaan yang ada di sini merupakan napi dengan kategori berisiko rendah atau low risk," ujar Yasonna usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan lapas tersebut di Legok, Tangerang, Rabu, 11 Oktober 2017.

PNS di Kabupaten Tangerang Ditangkap Densus 88

Narapidana yang berada di lapas tersebut pun merupakan warga binaan yang telah memasuki tahap pembinaan asimilasi. Narapidana tersebut juga telah melalui assessment dan penilaian berkelakuan baik.

Dengan kapasitas ribuan orang, menurut Yasonna, narapidana yang menempati lapas tersebut tak hanya dari kawasan Jabodetabek. Pihaknya bakal mengkaji agar seluruh napi di Indonesia, dengan memasuki tahap pembinaan, dapat berada di Lapas Terbuka Ciangir.

Truk Muatan Migor Terguling di Tangerang, Polisi: Tak Ada Penjarahan

Nantinya, dalam lapas seluas 30 hektare tersebut akan ada Pasar Asimilasi. Pasar tersebut akan digunakan para narapidana untuk membentuk karakter ekonomi.

Dalam lapas tersebut juga tersedia ruang terbuka hijau dan taman rekreasi. Fasilitas ini  untuk masyarakat sekitar lapas. (ren)
 

Ilustrasi personel Densus 88.

Pemkab Tangerang Benarkan PNS Mereka Ditangkap Densus

Keseharian dari PNS yang ditangkap Densus 88 tersebut, adalah biasa saja. Selama mengabdi di Pemkab Tangerang, dia bisa bekerja dengan baik.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022