Jelang Asian Games, DKI Bangun Dermaga Terintegrasi Venue

Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat saat ground breaking dermaga di Pulau Seribu
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Ade Alfath

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan dermaga Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Selain itu, groundbreaking untuk pembangunan venue cabang olahraga layar, di Perumahan Metro Marina, Kelurahan Ancol Barat, Kecamatan Pademangan, Kota Administrasi Jakarta Utara, Kamis, 12 Oktober 2017. 

Rencana Food Estate di Kepulauan Seribu, Heru Budi Bilang Begini

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, pembangunan dermaga tersebut untuk memudahkan mobilitas masyarakat Kepulauan Seribu menuju daerah-daerah lainnya, serta meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Seribu. 

Berbagai fasilitas dibangun di dermaga ini. Di antaranya dermaga kapal, ruang tunggu, dan sarana dermaga, rumah singgah masyarakat, SPBU, pusat informasi, lapangan parkir, kantor penghubung kabupaten, dan masjid atau musala.

Dishub DKI Bakal Tambah Kuota Mudik Gratis, Pendaftaran Akan Diumumkan Pekan Depan

Menurut Djarot, berbagai potensi pesona wisata yang ada di Kepulauan Seribu harus terus didorong dan ditingkatkan kelengkapan sarana prasarananya. Hal itu untuk menunjang aktivitas kunjungan wisatawan, serta meningkatkan kegiatan penyaluran bakat untuk anak remaja. 

"Dengan dibangunnya sarana dan prasarana layar di Kepulauan Seribu ini diharapkan mampu menarik arus kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Seribu," ujar Djarot, di lokasi, Kamis, 12 Oktober 2017. 

Pemerintah DKI Jakarta Siapkan 150 Bus Cadangan Antisipasi Mudik Gratis Terlambat

Bupati Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Irmansyah mengatakan, groundbreaking ini juga bertujuan untuk mempercepat pembangunan menuju Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016. "Pembangunan ini juga harus berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat kepulauan," ujarnya. 

Pembangunan ini akan diintegrasikan dengan pembangunan venue cabang olahraga layar Asian Games 2018. Hal itu lantaran pulau-pulau di Kepulauan Seribu memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai basis olahraga air, seperti layar, jet ski, banana boat, diving serta snorkeling.

Pembangunan dilakukan di lahan seluas 2,68 hektare, terdiri atas dermaga kabupaten seluas 1,58 hektare dan pembangunan venue cabang olahraga layar seluas 1,1 hektare. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya