Longsor di Depan Menara Saidah, Pekerja Bersihkan Lokasi

Tanah ambles di depan Menara Saidah, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon

VIVA.co.id – Sejumlah besi pondasi tiang pancang proyek light rail transit (LRT) dan fly over Pancoran di depan Menara Saidah, Cawang, Jakarta Timur masih tertimbun tanah. Hal itu akibat amblesnya tanah galian pondasi tiang pancang proyek tersebut.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

Pantauan VIVA.co.id, Jumat, 13 Oktober 2017, tinggi tanah galian yang ambles di depan Menara Saidah diperkirakan sekitar empat sampai lima meter. Tanah yang ambles menimpa besi-besi pondasi tiang  pancang di sana.

Hingga kini, para pekerja proyek LRT tampak tengah berupaya membersihkan lokasi proyek yang tertimbun. Di antara mereka tampak ada yang memecahkan runtuhan turap menggunakan palu.

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Salah satu petugas yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan, amblesnya tanah di sana terjadi Kamis, 12 Oktober 2017, sekira pukul 16.00 WIB. "Iya kemarin sekitar jam 16.00," ujarnya tanpa mau berkata lebih banyak, di lokasi, Jumat, 13 Oktober 2017.

Amblesnya tanah itu diduga lantaran terkikis air hujan yang mengguyur Jakarta. "Mungkin kena hujan longsor. Itu cuma pagarnya saja," ujar Kapolsek Pancoran Komisaris Polisi M Hari Agung Julianto, saat dikonfirmasi, Jumat, 13 Oktober 2017.

Tanah Longsor di China, 47 Orang Terjebak di Runtuhan Bangunan

Menurutnya, tanah yang ambles tidak terlalu parah dan tidak menimbulkan dampak apa pun terhadap aktivitas di sana. (ase)

Dampak Banjir Bandang di Pesisir Selatan

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan data terakhir bencana banjir dan longsor di Sumatera Barat, sebanyak 30 orang dinyatakan meninggal dunia dan 6 hilang

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2024