Ada yang Tolak E-Toll, Jokowi: Negara Lain Udah Pakai Semua

Pengguna Jalan Tol Bertransaksi Menggunakan Kartu Elektronik Non Tunai.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo angkat bicara soal masyarakat yang masih menolak penggunaan uang elektronik di jalan tol  Menurut Jokowi, adanya uang elektronik tersebut justru mempermudah dan mempercepat transaksi di tol sehingga dapat memperlancar arus kendaraan.

Pemudik Jangan Lupa Isi E-Toll, Ada 16 Ribu Kendaraan Saldo Kurang saat Pergi Mudik

Jokowi mengatakan, tujuan penggunaan kartu tol elektronik itu adalah bentuk dari perbaikan layanan jalan tol. Kedua, adalah dengan tujuan untuk melancarkan transaksi di pintu tol dan ketiga, dalam rangka mengikuti perkembangan zaman.

"Negara lain semuanya udah pakai, masa kita masih cash (tunai). Akurasi pembayaran juga semakin jelas. Apa kita mau cash terus?" kata Jokowi di sela-sela peresmian Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi di Gerbang Tol Kualanamu, Deli Serdang, Medan, Jumat, 13 Oktober 2017.

Aturan Kedaluwarsa Kartu E-Toll Tak Berlaku di Mudik Lebaran 2024

Jokowi menegaskan, adanya kartu ini akan memperlancar lalu lintas dan akurasi pembayarannya lebih baik.

"Ini kan sekali lagi memperlancar lalu lintas, memperbaiki pelayanan, kemudian pembayaran akurasinya lebih baik, lebih aman," tegas Mantan Gubernur DKI itu.

Ada Kabar Gembira untuk Pemudik yang Lewat Jalan Tol

Jokowi pun tak menampik jika sosialisasi yang dilakukan belum maksimal. Namun, kata dia, sosialisasi memang butuh waktu. "Ya sosialisasi sambil berjalan kan orang semakin tahu. Memang apapun perlu waktu untuk pembelajaran tetapi arahnya saya kira ada tiga hal tadi," tuturnya.

Seperti diketahui, pemerintah bakal menerapkan 100 persen non tunai untuk transaksi pembayaran di jalan tol pada akhir Oktober 2017. Ini berlaku di seluruh jalan tol di Indonesia, guna mendorong program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT).

Ilustrasi tarif tol.

Cek Tarif Tol Lewat Google Maps, Pastikan Saldo Cukup

Saat ini, tarif tol bisa dicek secara online, baik melalui situs resmi Jasa Marga, BPJT, hingga aplikasi seperti Google Maps.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024