Megawati Segera Umumkan Calon Gubernur di Pilkada Jawa Timur

Presiden kelima Republik Indonesia, Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, segera mengumumkan nama calon gubernur dan wakil gubernur untuk dua provinsi yakni Jawa Timur dan Sulawesi Selatan, Minggu pagi, 15 Oktober 2017.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

Deklarasi pengusungan partai berlambang banteng bermoncong putih itu akan dilaksanakan di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, setelah melalui tahapan seleksi calon secara kelembagaan.

"Pengumuman pasangan calon akan dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, ibu Megawati Soekarnoputri. Beliau akan langsung mengumumkan nama-nama pasangan calon untuk Pilkada di kedua provinsi tersebut," kata Sekretaris Jenderal PDI P Hasto Kristiyanto melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 13 Oktober 2017.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

Menurut Hasto, pengumuman pengusungan di dua wilayah itu merupakan tahapan pertama dari keseluruhan daerah yang akan menggelar Pilkada serentak tahun depan.

Selanjutnya kata Hasto, partainya juga akan mendeklarasikan pengusungan calon bagi daerah-daerah lain, dengan adanya kesepakatan menjalani sistem pemerintahan yang berorientasi pada kebijakan kerakyatan.

Semua Petugas KPPS Pilkada 2020 Akan Jalani Rapid Test

"Mereka juga harus memahami tatanan pemerintahan yang baik, yang mempromosikan pemerintahan yang efektif, antikorupsi, e-government," ujarnya.

Hasto menambahkan, pengusungan pasangan calon, baik yang datang dari internal partai, tokoh masyarakat hingga birokrat, telah menjalani sekolah partai kepala daerah.

Sebab, ketika penetapan itu sudah dilakukan, calon yang diusung sesuai dengan garis perjuangan partai dalam menjalankan pemerintah ketika kelak terpilih.

"Bagi PDI Perjuangan, kepemimpinan kepala daerah dan wakil kepala daerah ditempatkan sebagai satu kesatuan kepemimpinan yang solid, teruji, dan berpengalaman," ujarnya.

Gelagat PDI P menaruh perhatian serius pada Pilkada Jawa Timur terlihat ketika Megawati Soekarnoputri memimpin rapat internal DPD Jawa Timur di Kota Malang, Minggu, 10 September 2017.

Konsolidasi dengan pengurus daerah penting dilakukan lantaran Jawa Timur merupakan wilayah strategis demi menentukan posisi partai di Pemilu 2019.

"Konsolidasi adalah langkah yang sangat penting bagi partai untuk mengevaluasi bagaimana konsolidasi ideologi organisasi, progres bagaimana kader dan sumber daya partai di dalam mendorong penguatan wajah partai di tengah rakyat," kata Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya