Sandiaga Dorong UMKM DKI Buat Souvenir Asian Games

Wakil gubernur DKI, Sandiaga Uno
Sumber :
  • Putri Firdaus

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mempunyai beberapa hal yang menjadi fokus utama dalam kepemimpinannya di DKI. Salah satunya, yakni terkait Asian Games yang akan diselenggarakan di Indonesia.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Menurut Sandi dalam rangka menghadapi Asian Games, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus berpikir lebih maju, karena Asian Games dianggap sangat penting untuk kemajuan Ibu kota dan Tanah Air.

Ia mencontohkan seperti Korea Selatan, yang mampu memanfaatkan Asian Games untuk menjadi negara yang maju.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

"Mereka dulunya GDP (pertumbuhan domestik bruto) di bawah Indonesia, setelah perang Korsel bisa melampaui Indonesia. Kita harus gunakan Asian Games, memastikan mampu menghadirkan percepatan pembangunan di DKI Jakarta," kata Sandi di Balai Kota, Selasa 17 Oktober 2017.

Sandi menganggap, DKI Jakarta sudah mempersiapkan venue Asian Games dengan baik. Terbukti, dari mewahnya fasilitas Velodrome, atau lintasan balap sepeda yang ada di Gelanggang Olah Raga (GOR) Rawamangun Jakarta Timur, di mana lintasannya terbuat dari kayu yang berasal dari Siberia.

Ketika Sambo Tinggalkan Jejak di Jakarta dan Palembang

Menurut Sandi, arena tersebut disiapkan dengan biaya yang tidak murah. Maka dari itu, ia berharap, agar Pemprov dan seluruh elemen terkait berpikir panjang untuk perawatan arena tersebut. Jangan sampai bangunan tersebut hanya dapat dibangun tanpa dirawat.

"Kalau begitu, saya khawatir hanya dapat dibangun tanpa bisa dirawat, karena akan bebankan anggaran Pemprov dan Jakpro," ujarnya.

Momentum UMKM

Sebelum itu, Sandi menyebut momentum Asian Games bisa sekaligus mendorong pelaku Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) di Jakarta, untuk membuat souvernir Asian Games 2018. Menurut Sandi, event olahraga se-Asia itu merupakan peluang besar bagi pelaku UMKM.

"Peluang pasar ada. Tadi Asian Games, insya Allah kalau kita bisa cepat bekerja mudah-mudahan sebuah keberpihakan ke UMKM," kata Sandi di Gedung Dinas UMKM, Kelapa Gading, Jakarta, Selasa 17 Oktober 2017.

Sementara itu, Kepala Dinas UMKM, Irwandi mengatakan, segera mengumpulkan seluruh UMKM di Jakarta untuk membuat souvernir Asian Games. "Boots kita siapkan untuk souvenir UMKM di Jakarta," ujarnya.

Di samping itu, pihaknya juga akan melakukan pelatihan di 44 kecamatan di seluruh Ibu kota, untuk mendorong munculnya wirausahawan baru.

"Sesuai instruksi gubernur, kita harus punya perencanaan dan melakukan kegiatan di 44 kecamatan, agar setiap tahunnya 40 ribu wirausaha dapat muncul," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya