Percepatan Proyek MRT, Lalu Lintas Sekitar Lokasi Diubah

Perkembangan Konstruksi Mass Rapid Transit (MRT) Lebak Bulus
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Bernadeta Victoria

VIVA – Sejumlah upaya untuk melancarkan percepatan pekerjaan konstruksi MRT Jakarta mulai dilakukan. Salah satunya adalah  melakukan  rekayasa lalu lintas di enam lokasi proyek stasiun bawah tanah MRT. Di antaranya, Patung Pemuda, Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi dan Bundaran HI.

Tangerang Bakal Ada MRT, Harga Hunian Sekitar Merangkak Naik

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Corporate Secretary Division Head MRT, Tubagus Hikmatullah, melalui keterangan persnya yang diterima VIVA.co.id, Selasa, 17 Oktober 2017.
 
Rekayasa lalu lintas ini dilakukan terkait dengan adanya beberapa tahapan pekerjaan, di antaranya dalam rangka penataan kembali (reinstatement), penyelesaian relokasi utilitas, konstruksi pintu masuk (entrance) stasiun, cooling tower dan ventilation tower stasiun bawah tanah MRT.

"Beberapa tahapan pekerjaan ini membawa konsekuensi terhadap perubahan/pergeseran lajur lalu lintas secara bertahap mulai dari bulan Oktober 2017 hingga Juli 2018 di beberapa lokasi proyek stasiun MRT tersebut," ujarnya.


Tahapan Konstruksi di Bundaran Patung Pemuda Senayan, Tubagus menjelaskan, pada titik transisi atau jalur layang dan jalur bawah tanah MRT sedang dilakukan pekerjaan penimbunan tanah dalam rangka penataan kembali atau reinstatement.

Sementara di bundaran Patung Pemuda yang sebelumnya digunakan sebagai lokasi area kerja konstruksi, menurut Tubagus, saat ini telah selesai dan kondisi jalan pada area tersebut secara bertahap dikembalikan seperti semula.

Ada Proyek MRT Fase 2, Dishub DKI Rekayasa Lalu Lintas di Jalan MH Thamrin

"Ditargetkan pada pertengahan tahun 2018, bundaran Patung Pemuda akan kembali aktif dengan kondisi seperti sebelum konstruksi," kata Tubagus.

Tahapan Konstruksi di Stasiun MRT Senayan, Tubagus menambahkan, ada beberapa lokasi proyek stasiun bawah tanah MRT di sekitar Stasiun Senayan yang berlokasi di depan Gedung Summitmas, saat ini sedang dilakukan pekerjaan konstruksi entrance stasiun dan CT/VT sisi timur stasiun Senayan yang ditargetkan selesai pada bulan Desember 2017.

Pembangunan MRT Timur-Barat Fase Satu dari Tomang hingga Bekasi Dimulai 2024

Setelah itu, kata dia, akan dilanjutkan dengan pekerjaan konstruksi entrance dan CT/VT sisi barat stasiun Senayan (berlokasi di depan Ratu Plaza) mulai Januari 2018.

Tahapan Konstruksi di Stasiun MRT Istora

Sedangkan pada lokasi proyek stasiun bawah tanah MRT Stasiun Istora yang berlokasi di depan bekas Senayan Golf Driving Range, kata Tubagus, saat ini sedang dilakukan pekerjaan konstruksi entrance stasiun dan CT/VT sisi barat stasiun Istora yang ditargetkan selesai pada bulan Desember 2017.

Bersamaan dengan itu, ungkap Tubagus, mulai bulan Oktober 2017 hingga Desember 2017, akan dilakukan pekerjaan pemindahan saluran drainase dari sisi timur menjadi di area median jalan (depan area SCBD) yang berdampak pada penutupan jalur busway di kedua arah, sehingga jalur TransJakarta untuk sementara waktu akan menyatu dengan lajur kendaraan pribadi pada titik tersebut.

"Setelah itu, akan dilanjutkan dengan pekerjaan konstruksi entrance stasiun dan CT/VT sisi timur stasiun Istora (depan Gedung Bursa Efek) mulai Januari 2018," kata Tubagus.
 
Tahapan Konstruksi di Stasiun MRT Bendungan Hilir

Pada lokasi proyek stasiun bawah tanah MRT di Stasiun Bendungan Hilir, yang berlokasi di depan gedung Intiland, saat ini sedang dilakukan pekerjaan konstruksi entrance stasiun sisi barat dan CT/VT stasiun Bendungan Hilir yang ditargetkan selesai pada akhir bulan Mei 2018.

Bersamaan dengan itu, terang Tubagus, akan dimulai pula pekerjaan konstruksi entrance stasiun Bendungan Hilir sisi timur pada bulan Januari 2018 sampai target penyelesaian konstruksi pada bulan Juli 2018.

Tahapan Konstruksi di Stasiun MRT Setiabudi

Pada lokasi proyek stasiun bawah tanah MRT di Stasiun Setiabudi, yang berlokasi di depan Gedung Midplaza, saat ini, kata Tubagus, sedang dilakukan pekerjaan konstruksi entrance stasiun sisi timur dan CT/VT stasiun Setiabudi yang ditargetkan selesai pada akhir bulan Mei 2018.

Bersamaan hal itu, menurut Tubagus, akan dimulai pula pekerjaan konstruksi entrance stasiun Setiabudi sisi barat pada Januari 2018 hingga target penyelesaian konstruksi pada bulan Juli 2018.

Tahapan Konstruksi di Stasiun MRT Bundaran HI

Sementara pada lokasi proyek stasiun bawah tanah MRT atau di Stasiun Bundaran HI yang berlokasi depan Gedung Plaza Permata, dikatakan Tubagus, saat ini sedang dilakukan pekerjaan konstruksi entrance stasiun sisi timur dan penimbunan tanah/reinstatement.

"Bersamaan itu, akan dimulai pula pekerjaan konstruksi entrance stasiun Bundaran HI sisi barat pada Oktober 2017 hingga target penyelesaian konstruksi pada bulan Juli 2018," kata Tubagus.

Berikut ringkasan lokasi, jenis pekerjaan, dampak lalu lintas, serta jadwal:
 
1. Lokasi : Patung Pemuda (Bundaran Patung Pemuda Senayan) 

Pekerjaan : Pekerjaan penimbunan tanah dan penataan kembali (reinstatement). Jalan akan dikembalikan seperti kondisi awal (sebelum proyek).

Jadwal Pekerjaan : ? 17 November 2017 – 30 Juni 2018

2. Lokasi : Jl. Sudirman (Stasiun Senayan)

Pekerjaan : Pembangunan pintu masuk (entrance) stasiun sisi Timur dan Pembangunan pintu masuk (entrance) stasiun dan CT/VT sisi Barat.

Jadwal Pekerjaan : Oktober 2017 – Juli 2018

3. Lokasi : Jl. Sudirman (Stasiun Istora)

Pekerjaan : Pemindahan Saluran Drainase, Pembangunan pintu masuk (entrance) stasiun dan CT/VT sisi Barat, dan Pembangunan pintu masuk (entrance) stasiun dan CT/VT sisi Timur.

Jadwal Pekerjaan: ?Oktober 2017-Juli 2018

4. Lokasi : Jl. Sudirman (Stasiun Bendungan Hilir)

Pekerjaan: Pembangunan Pintu masuk (entrance) Stasiun sisi Barat dan Pembangunan Pintu masuk (entrance) Stasiun sisi Timur

Jadwal Pekerjaan : Oktober 2017-Juli 2018

5. Lokasi : Jl. Sudirman (Stasiun Setiabudi)

Pekerjaan : Pembangunan Pintu masuk (entrance) Stasiun sisi Timur dan Pembangunan Pintu masuk (entrance) Stasiun sisi Barat.

Jadwal Pekerjaan : Oktober 2017 -Juli 2018

6. Lokasi : Jl Thamrin (Stasiun Bundaran HI)

Pekerjaan : Pembangunan Pintu masuk (entrance) Stasiun sisi Timur dan Pembangunan Pintu Masuk (entrance) Stasiun sisi Barat

Jadwal Pekerjaan : Oktober 2017-Juli 2018

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya