Anies Pantau Tanggul Jebol dan Banjir di Kemang

Banjir di Jakarta setelah hujan deras pada Kamis, 19 Oktober 2017.
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVA – Hujan mengguyur Jakarta sepanjang Kamis sore, 19 Oktober 2017, membuat tanggul di Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, jebol. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, dari laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), ketinggian genangan akibat jebolnya tanggul itu mencapai 30 sentimeter. Ada juga warga yang terpaksa mengungsi.

Hujan Guyur Jakarta Sejak Sore, Ini Daerah yang Tergenang

"Jati Padang memang benar ada tanggul jebol 10 meter kira-kira, ketinggian air sejauh ini sekitar 30 cm. Ada 15 sampai 20 individu yang saat ini mengungsi ke Masjid Al Ridwan," kata Anies saat meninjau banjir di ruang Jakarta Smart City, Jakarta, Kamis 19 Oktober 2017.

Menurut Anies, saat ini tim Damkar sudah di lokasi untuk membantu mempercepat penyedotan air. Suplai logistik juga sudah datang. Dia juga meminta camat setempat untuk memastikan keselamatan warga.

Anies Ubah 22 Nama Jalan di DKI Jadi Nama Tokoh Betawi, Ini Daftarnya

"Tadi saya sampaikan untuk amankan semua warga. Jangan sampai ada masalah terutama kesehatan, lalu suplai makanan dipastikan aman dan kemudian penyedotan air segera. Juga rehabilitasi perbaikan tanggulnya segera dilakukan," ujarnya.

Genangan air juga sempat melanda kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Ketinggian genangan mencapai 25 sentimeter dan menyebabkan kemacetan. Selain itu, genangan air terpantau di kawasan Jalan Ampera Raya, Cilandak dan di kawasan Jalan TB Simatupang yang menuju ke lampu merah Kementerian Pertanian. Kemacetan juga masih melanda sejumlah wilayah di Jakarta hingga malam ini.

Genangan Belum Surut, 20 RT di Kampung Melayu Terdampak Banjir

Akibat hilang kendali, mobil Toyota Fortuner B 1540 SJT terperosok di kawasan Banjir Kanal Timur bersamaan saat hujan deras. Menurut warga saksi mata, mobil itu milik seorang warga ekspatriat Korea Selatan, tetapi dikemudikan sopirnya. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kecelakaan itu.

Hingga kini, proses evakuasi masih dilakukan. Keadaan ini memperparah lalu lintas di kawasan itu yang setiap harinya memang mengalami kemacetan.

Ilustrasi banjir di wilayah Jakarta.

15 Ruas Jalan dan 14 RT di Jakarta Tergenang Banjir, Sebagian Sudah Surut

BPBD DKI Jakarta mencatat, sebanyak 15 ruas jalan tergenang banjir akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta

img_title
VIVA.co.id
1 Januari 2023