Demo 3 Tahun Jokowi, Polisi Kerahkan 11.000 Personel

Kawat berduri dipasang di depan Istana Kepresidenan, Jakarta.
Sumber :
  • Eduward Ambarita

VIVA – Polda Metro Jaya menyiapkan pengamanan untuk aksi demonstrasi di depan Istana Merdeka terkait  peringatan 3 tahun masa pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Idham Azis menyatakan, sebanyak 11. 000 personel telah disiapkan dan berjaga di sejumlah wilayah yang akan menjadi lokasi demonstrasi. Penjagaan difokuskan di sekitar Istana Kepresidenan berdasarkan jadwal yang telah diinformasikan oleh para pengunjuk rasa.

"Pengamanan hari ini sejumlah 11.000 personel. Kita tempatkan beberapa titik di seputar Istana, Tugu Monas, kemudian di DPR, Bundaran HI," kata Idham saat ditemui di kawasan Monas, Jakarta, Jumat 20 Oktober 2017.

Respons Istana soal Jokowi Disebut-sebut dalam Sidang Sengketa Pemilu di MK

Idham menyatakan, tidak ada pengamanan ekstra untuk mengawal aksi demonstrasi hari ini. Dibantu TNI dari Kodam Jaya, kata Idham, pengamanan lebih mengendepankan persuasif. Adapun perkiraan massa yang hadir di depan Istana Merdeka akan lebih dari 1.000 orang.

"Saya mengimbau kepada seluruh rekan-rekan elemen massa yang melaksanakan unjuk rasa, marilah kita lakukan unjuk rasa dengan santun dengan damai agar Jakarta ini bisa tetap dalam situasi kondusif," ujarnya.

Jokowi Lihat Langsung Panen Raya di Sigi: Bagus Hasilnya Capai 6 Ton per Hektare

Pantauan VIVA.co.id di lokasi masih terbilang sepi, sedianya massa yang akan menggelar aksi sejak pukul 09.00 Wib. Namun hingga pukul 12.00 Wib, hingga berakhirnya salat Jumat, aksi massa seperti dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) juga belum ada di depan Istana Merdeka.

Hampir sama dengan buruh, elemen dari Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia juga belum terlihat di sekitaran kawasan Istana Kepresidenan dari jadwal aksi pada pukul 10.00 Wib.

Presiden Joko Widodo.

Jokowi Imbau Warga Mudik Lebih Awal, Jumlahnya Naik 56 Persen

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat yang hendak mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 harus lebih awal, karena jumlah pemudik tahun ini men

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024