Lewat Rute Baru TransJakarta Monas-Ragunan, Lebih Cepat?

Perkembangan Proyek Pembangunan Underpass Mampang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Penumpang TransJakarta hari ini mulai mencoba rute baru untuk menghindari kemacetan akibat proyek pembangunan jalan di Ibu Kota. Salah satunya, rute alternatif untuk koridor enam yang menghubungkan Halte Monas - Halte Ragunan.

Ada Demo Buruh, Dua Rute TransJakarta Depan DPR Setop Operasi

Bus yang tiap hari melewati persimpangan kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, terpaksa menambah jalur perjalanan melintasi Halte Polda Metro Jaya - Jalan Tirtayasa hingga jalur koridor 13 dengan halte terakhir Tendean.

Tanpa melewati persimpangan Kuningan, bus langsung masuk ke Jalan Mampang Prapatan setelah melewati jalur khusus yang biasa dilalui koridor 13, Ciledug - Tendean.

Hari Ini Layanan Bus Transjakarta Normal Lagi

Jalur menuju Ragunan sedianya tersedia dalam berbagai rute yakni melewati Kuningan (Jalan HR. Rasuna Said), Semanggi, dan Dukuh Atas 2.

Saat VIVA.co.id menjajal rute baru itu, salah satu penumpang Kristianto (50) menceritakan pengalaman pertamanya. Hampir tiap hari menggunakan bus milik perusahaan milik Pemprov DKI itu, Kristianto mengaku waktu perjalanan pulangnya lebih cepat walaupun harus memutar jalan.

Bus Transjakarta Kecelakaan di Depan Halte Wali Kota Jakarta Timur

Namun ia mengatakan pelaksanaan rute baru perdana ini belum tentu memotong waktu jika melintas di atas jam 17:00 WIB.

"Harusnya sih saya bilang tetap aja yang Semanggi. Saya rasa lebih cepat. Setahu saya kan mau belok (ke Mampang) itu macet parah kan," kata Kris saat bertemu VIVA.co.id di perjalanan bus Monas - Ragunan, Senin 23 Oktober 2017.

Penumpang lain, Ovi Anarosa (26), juga mengalami perubahan sejak rute baru dilakukan. Naik dari Halte Mampang, Ovi merasakan waktu tunggu keberangkatan (bus) lebih cepat dibanding sebelumnya.

Meski perjalanannya tiap hari tak melewati persimpangan Kuningan, tapi kemacetan di wilayah itu juga memengaruhi waktu tunggunya ketika hendak menaiki bus.

"Datang bus lebih cepat sih. Tunggu bus tidak sampai satu jam lah. Biasanya sih satu jam. Saya biasanya naik Ragunan sampai Mampang Prapatan. Setengah jam sudah dapat (bus)," kata dia.

Rute baru untuk Monas - Ragunan baru disediakan sebanyak 16 bus. TransJakarta akan menambah armadanya setelah melihat respons penumpang nanti.

Tambah Unit

Berdasarkan pantauan di lapangan, waktu tunggu bus untuk mengangkut penumpang pada rute baru ini bisa mencapai 20 menit.

"Kalau hari ini ramai, besok ditambah (armada bus)," ujar Wibobo selaku Asisten Kepala Humas PT TransJakarta.

Sementara itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta pun menerjunkan 222 personel untuk mengatur lalu lintas serta strelisasi jalur TransJakarta. Penempatan personel ini akan dibagi dalam beberapa shift kerja yang ditempatkan di jalur putaran atau portal tutup buka lintasan bus.

"Petugas untuk sterilisasi jalur dan pengaturan putaran," kata Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Widjatmoko. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya