Dapat Lukisan Rp250 Juta, Anies akan Lapor KPK

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mendapatkan sebuah lukisan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat.

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diberikan kesempatan untuk membuka lelang lukisan asli dari Mesir saat meresmikan Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Semper, Jakarta Utara, Minggu, 29 Oktober 2017. Dalam lelang tersebut, lukisan yang telah dibubuhi tanda tangan Anies, laku seharga Rp250 juta.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Lukisan tersebut laku dibeli oleh seorang jemaat Gereja. Namun, jemaat tersebut memberikan lukisan yang telah dibelinya melalui lelang untuk Anies. Saat itu, Anies langsung menerima lukisan tersebut.

"Terima kasih, saya terima lukisan ini pak," kata Anies.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Namun, Anies tak begitu saja menerima lukisan itu. Anies mengaku akan melaporkan apa yang didapatkannya itu ke Komisi Pemberantasan Korupsi lantaran takut digunakan sebagai upaya gratifikasi.

"Saya akan laporkan ini (pemberian lukisan) ke KPK. Apalagi tadi harganya ini laku sampai Rp250 juta," ujarnya.

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Anies mengungkapkan bahwa dia saat ini merupakan pejabat pemerintah. Maka dari itu, ia harus menaati aturan sebagai pemimpin, termasuk melaporkan ke KPK maupun pihak terkait lainnya apabila mendapatkan barang apapun.

"Kami akan laporkan KPK, sekarang kan lagi musim OTT. Kan enggak lucu kalau kami keluar kena OTT. Nanti (lukisan) ini akan kami pasang di Balai Kota Jakarta sebagai aset untuk Pemprov DKI Jakarta," ujarnya.

Capres nomor urut satu, Anies Baswedan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Maret 2024

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Anies menyebut peluangnya di Pilgub Jakarta terbuka asal mendapat dukungan dari masyarakat dan parpol, karena baru menjabat satu periode di Jakarta. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024