DVI: Kemungkinan Tak Semua Jenazah Ledakan Mercon Dikenali

Dok Polisi membawa jasad utuh yang ditemukan di timur gudang mercon Kosambi.
Sumber :

VIVA – Ketua Tim Disaster Victim Identification Polri, Kombes Pol Pramujoko, menyatakan, kemungkinan tidak semua jenazah korban tragedi meledaknya pabrik dan gudang mercon PT Panca Buana Cahaya Sukses di Kosambi, Kabupaten Tangerang, Banten, bisa teridentifikasi.

Korban Pabrik Mercon Diberi Santunan dari Dana Bencana

"Jadi saya sampaikan, kemungkinan nanti tidak semua jenazah bisa teridentifikasi. Mau tidak mau kita akan makamkan bersama," kata Pramujoko saat menjadi pembicara di program Indonesia Lawyers Club tvOne, Selasa, 30 Oktober 2017.

Pramujoko menuturkan, kemungkinan itu disampaikannya karena dalam melakukan proses identifikasi terhadap puluhan jenazah korban ledakan ini, tim DVI mengalami kesulitan, terutama terkait DNA (deoxyribonucleic acid).

Tiga Korban Ledakan Pabrik Mercon Dipulangkan

Menurut Pramujoko, selama ini, tim DVI kesulitan menemukan sampel DNA pada jenazah. Sebab, kondisi jenazah sudah hangus.

"Dari DNA tak bisa memeriksa semua jenazah. Apakah ini masih ada DNA atau tidak. Karena kondisinya sudah rusak. Banyak DNA yang tidak bisa diperiksa. Kita sudah bisa mengidentifikasi 28 orang itu alhamdulillah," katanya.

Perusahaan Beri Korban Pabrik Mercon Santunan Rp25 Juta

Meski demikian, Pramujoko tidak bisa menyebutkan sampai kapan tim DVI akan bekerja untuk mengindetifikasi seluruh jenazah.

"Identifikasi dihentikan jika semua jenazah bisa diidentifikasi. Dan  apabila pemeriksaan utama kami, DNA mentok, sampel kami sudah terperiksa dan masih ada yang tidak teridentifikasi," katanya. (one)

Kondisi gudang mercon di Kosambi Tangerang usai ledakan pada bulan Oktober lalu, Senin (11/12/2017)

11 Korban Ledakan Pabrik Mercon Tangerang Masih Misteri

Belasan jasad korban kebakaran ini masih belum ditemukan

img_title
VIVA.co.id
11 Desember 2017