Crane Tak Seimbang, OCS Parapet MRT Timpa Motor di Wijaya

Kondisi lokasi jatuhnya beton rel MRT di Jalan Wijaya.
Sumber :
  • Danar Dono - VIVA.co.id

VIVA – Sebuah OCS (Overhead Catenary System) Parapet di jalan layang Mass Rapid Transit roboh dan jatuh ke jalanan di Jalan Wijaya, Jakarta Selatan. Dalam keterangan tertulisnya, MRT Jakarta menyebut, OCS Parapet itu roboh dan jatuh pada pukul 21.00 WIB, Jumat, 3 November 2017.

Ada Proyek MRT Fase 2, Dishub DKI Rekayasa Lalu Lintas di Jalan MH Thamrin

OCS Parapet roboh dan jatuh dari jalan layang MRT saat dalam proses pemasangan dengan menggunakan crane.

"Pemasangan OCS Parapet seberat tiga ton dilakukan dengan truk crane kapasitas 10 ton, dengan kondisi pengamanan dan flagman yang berjaga di bawah," tulis MRT Jakarta.

Pembangunan MRT Timur-Barat Fase Satu dari Tomang hingga Bekasi Dimulai 2024

Selama proses pemasangan, rupanya truk crane yang mengangkat beton tersebut tidak seimbang. Kondisi itu membuat beton seberat tiga ton tersebut jatuh ke jalanan di bawahnya.

"Tiba-tiba truk crane tidak seimbang dan OCS Parepet jatuh ke bawah deck girder, Beton OCS Parapet tidak langsung jatuh membentur tanah karena sempat tertahan truk crane lainnya," ujar MRT Jakarta.

Intip Peroses Bongkar Rel Trem Zaman Belanda di Proyek MRT Jakarta, Dikerjakan Hati-hati

Akibat kejadian ini, sebuah motor hancur dan pengendaranya terluka karena sempat terbentur beton yang jatuh. Pihak MRT memastikan bahwa korban luka sudah ditangani di rumah sakit.

"Seorang pengendara motor terkena Beton OCS Parapet tersebut dan mengalami luka ringan, korban telah dibawa ke RS Pertamina dan mendapatkan perawatan," kata MRT Jakarta.

Ilustrasi kereta MRT

Tangerang Bakal Ada MRT, Harga Hunian Sekitar Merangkak Naik

Pengembangan hunian di wilayah Kabupaten Tangerang, terus mengalami peningkatan salah satunya karena akan dibangunnya transportasi umum MRT.

img_title
VIVA.co.id
6 September 2023