Memalukan, 4 Polantas Kepergok Pungli Sopir Truk di Mampang

Ilustrasi operasi zebra
Sumber :
  • ANTARA Foto/Andreas Fitri Atmoko

VIVA – Ternyata masih saja ada petugas kepolisian yang mencuri kesempatan untuk berbuat culas saat digelar Operasi Zebra 2017.

Operasi Zebra Digelar di Depok, Catat Jenis Pelanggaran yang Akan Ditindak Tegas

Kasus ini terungkap dalam Operasi Zebra Jaya yang digelar di turunan jalan layang Mampang, Jakarta Selatan. Di lokasi ini, empat petugas kepolisian kepergok menarik pungutan liar kepada pengendara yang terjaring dalam operasi rutin ini.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, keempat pelaku diketahui merupakan anggota polantas dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Warganet Minta Polisi Tindak Motor Tanpa Pelat Nomor Belakang

Mereka masing-masing berinisial Bripka AM, Brigadir ES, Bripda ADP, dan Brigadir A. Perbuatan tak terpuji itu dilakukan pada Selasa 7 November 2017.

"Modus yang dilakukan oknum anggota Ditlantas itu memberhentikan kendaraan dan melakukan pemeriksaan surat-surat saat berlakunya jam ganjil genap dengan tidak melakukan penilangan, melainkan meminta imbalan sejumlah uang," kata Argo, Kamis, 9 November 2017.

Polda Metro Gelar Razia Kendaraan Mulai Hari Ini sampai 1 Oktober, 2.939 Personel Diturunkan

Argo menuturkan, mereka ditangkap tangan sedang menarik pungutan liar terhadap seorang pengemudi truk bernama Achmad Syarief. Saat penangkapan berlangsung, satu anggota polantas berinisial Brigadir A melarikan diri.

"Brigadir ES telah membuang sejumlah uang yang diduga uang hasil pungli ke taman dengan jumlah Rp605.000. Saat ini barang bukti hasil pungli berikut anggota Ditlantas PMJ telah diamankan," kata Argo. (one)
 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko

Ratusan Pengendara Ditilang Selama 2 Hari Operasi Zebra, Ada yang Lawan Arus hingga Main HP

Ratusan pengendara yang melanggar itu ditilang lewat kamera ETLE.

img_title
VIVA.co.id
20 September 2023