Mencoba Bus TransJakarta Mewah, seperti Apa Fasilitasnya

Suasana di dalam bus TransJakarta Royal
Sumber :
  • Viva.co,id/Syaefullah

VIVA – Kelas menengah di Jakarta akan dimanjakan dengan kehadiran bus TransJakarta Royaltrans. Bus ini memiliki fasilitas yang berbeda dengan bus TransJakarta yang sudah lebih dulu beredar.

Heboh Naik Harga, Transjakarta Tegaskan Tarif Royaltrans Tetap Rp 20 Ribu

Bus Transjakarta Royaltrans kembali melakukan uji coba untuk kalangan elite menengah ke atas pada hari ini, Senin, 20 November 2017. Bus yang diuji coba ialah bus Royaltrans dengan jurusan Poris-Bundaran Senayan dan juga bus Metrotrans untuk jurusan Bundaran Senayan-Harmoni.

VIVA mencoba menelusuri dan menaiki bus Royaltrans dari halte Bundaran Senayan hingga menuju Poris, Tangerang. Begitu masuk di dalam kendaraan bus itu, terasa air conditioner atau AC yang lebih sejuk di dalam bus tersebut.

Antisipasi Perluasan Ganjil-Genap, Transjakarta Tambah Armada

Di dalam Royaltrans terdapat berbagai fasilitas di antaranya, colokan USB di setiap belakang kursi penumpang, terdapat audio, CCTV, televisi di bagian depan atau persisnya di belakang sopir dan juga tempat minum yang terletak di belakang kursi penumpang.

Kemudian, terdapat bagasi yang terletak di atas tempat duduk penumpang, terdapat alat pemecah kaca dan juga fasilitas wifi gratis bagi penumpang, yang saat uji coba belum mulai terkoneksi, serta kursi tempat duduk yang cukup empuk.  

TransJakarta Mau Saingi Ojek Online, Begini Jurusnya

Namun, bus Royaltrans ini terasa begitu sempit dibandingkan dengan bus TransJakarta lainnya.. Karena, di dalam bus itu terdapat dua tempat duduk yang berjejer baik di samping kiri maupun kanan mulai dari depan hingga belakang.

Hanya satu shaf saja penumpang yang bisa berdiri di tengah, mulai dari deretan paling depan hingga paling belakang.

Memang, menunggu kedatangan bus Royaltrans ini memakan waktu agak lama, yaitu sekitar 45 menit dan bisa lebih. Kondisi kemacetan di tol dalam kota juga berpengaruh. "Tergantung di tolnya, kalau enggak macet lebih cepat," ujar Yoga, petugas layanan bus Royaltrans.

Dari hasil penelusuran ini, mulai dari halte Bundaran Senayan hingga Palem, Tangerang memakan waktu sekitar satu jam. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya