Kirab Kebangsaan, Anies Naik Kepala Reog Ponorogo

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Monas, Minggu 26 November 2017
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies  Baswedan membuka kawasan Monas untuk acara seni budaya akbar bertajuk Kirab Kebangsaan Merayakan Hari Pahlawan, Minggu 26 November 2017. Anies membeberkan alasan kirab kebangsaan di gelar di Monas. Sebab di tempat tersebut, menurut Anies, dulunya memang menjadi tempat para pemimpin mengajak rakyat untuk mempertahankan kemerdekaan.

Karya Indah Wignyo Hingga Poppy Dharsono Menutup Manis IFW 2024

"Di lapangan inilah pemimpin republik, dulu  namanya lapangan Ikada, pertama kali mereka mengajak rakyat untuk mempertahankan kemerdekaan. Hari ini kita memastikan kemerdekaan mengantarkan ke kebahagiaan," kata Anies di lokasi.  

Anies menjelaskan bahwa dia ingin menghidupkan kembali Monas sebagai alun-alun warga. Sekaligus himbauan bagi warga Jakarta agar menghidupkan setiap kegiatan kesenian dan kebudayaan.

Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 Resmi Digelar, 300 Desainer Bakal Angkat Budaya Betawi

"Kirab ini Insya Allah akan diselenggarakan secara rutin. Kita kembalikan Monas sebagai alun-alun berkumpulnya warga, izinkan ada kegiatan seni dan budaya. Saya mengimbau aktifkan kegiatan di kampung dan sanggar, pemprov akan mendukung kegiatan seni dan budaya," kata dia.

Anies juga ingin membuat Jakarta menjadi kota ekspresi seni budaya di mana setiap sudutnya menjadi tempat berekspresi kesenian dan berkebudayaan.

Angkat Keindahan Budaya Betawi, Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 Siap Digelar

"Dengan kita mengembalikan Jakarta dengan nuansa seni, maka tak hanya menjadi kota untuk mencari penghidupan tapi juga pusat budaya dan seni, kita ingin keindahan budaya di jakarta harus dikembalikan," ujarnya.

Naik kepala reog

Pantauan VIVA, Anies-Sandi yang mengenakan kaos warna merah dan duduk berdampingan tampak antusias menyaksikan berbagai atraksi. Ada atraksi Marching Band, Reog Ponorogo, tari-tarian Betawi, Ondel-ondel Betawi yang dimeriahkan ribuan peserta tersebut.

Ada momen menarik saat penampilan Reong Ponorogo di mana Anies mendapatkan cinderamata kenang-kenangan dari pengurus Reog Ponorogo. Anies pun diajak untuk menaiki Kepala Reog Ponorogo namun hanya beberapa menit saja.

Acara kirab kebangsaan ini menyita perhatian publik, diperkirakan ribuan orang yang memadati menyaksikan langsung acara kirab kebangsaan ini.

Hingga berita ini diturunkan, acara kirab kebangsaan masih berlangsung dengan penampilan ribuan tari-tarian Ondel-ondel dengan penampilan khas Betawinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya