Masuk Bursa Cawapres, Anies: Saya Fokus Urus Banjir Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalisotussurur

VIVA – Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan masuk dalam radar calon wakil presiden di Pemilu 2019 mendatang. Hal itu lantaran dia tengah memiliki tingkat keterpilihan yang cukup tinggi berdasarkan hasil survei sejumlah lembaga. 

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

Terkait hal tersebut, Anies tidak mempedulikannya. Anies mengaku sedang fokus menjalankan tugasnya sebagai gubernur DKI dan tidak ada niat untuk maju menjadi calon presiden ataupun calon wakil presiden.  "Sekarang baru mulai di Jakarta. Kami jalani (mengabdi di Jakarta)," kata Anies di Balai Kota DKI, Selasa, 5 Desember 2017.

Saat ini, Anies mengatakan, ingin mengurus Ibu Kota seperti yang telah diamanahkan warga Jakarta kepadanya. Ia juga tengah memutar otak untuk memperbaiki segala permasalahan yang ada di Jakarta sesuai keinginan warga. "Sekarang saya lagi fokus soal antisipasi banjir, masalah keluhan warga. Sekarang saya fokus di situ," kata Anies.

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Nama Anies muncul dalam beberapa survei, di antaranya survei dari Indo Barometer. Pada 3 Desember 2017, lembaga survei ini merilis sejumlah nama yang memiliki elektabilitas tinggi sebagai calon presiden, yaitu Joko Widodo mendapat 44,9 persen, Prabowo 13,6 persen, Anies Baswedan 4,5 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 3,3 persen, Gatot Nurmantyo 3,2 persen, dan Jusuf Kalla 1 persen.

Sementara pada 22 Oktober 2017, dalam paparan Lembaga Riset dan Survei Politik Roda Tiga Konsultan, nama Anies bersanding dengan Joko Widodo, Jusuf Kalla, Prabowo Subianto, Rhoma Irama, Agus Harimurti Yudhoyono. Survei yang digelar di 34 Provinsi dengan 2.600 responden, tingkat popularitas Gubernur DKI yang baru menjabat  itu ada pada posisi ke enam. 

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Meski tingkat keterpilihan atau elektabilitas Anies masih rendah, namun ketika pertanyaan terbuka diajukan untuk calon wakil presiden, nama mantan Menteri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu berada di sekitar 4,2 persen. (mus)
 

Capres nomor urut satu, Anies Baswedan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Maret 2024

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Anies menyebut peluangnya di Pilgub Jakarta terbuka asal mendapat dukungan dari masyarakat dan parpol, karena baru menjabat satu periode di Jakarta. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024