Cegah DKI Tenggelam, Sandiaga: Tanggul Raksasa Rampung 2020

Desain Tanggul Raksasa Jakarta
Sumber :
  • R. Jihad Akbar/VIVAnews

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menjamin, pembangunan proyek tanggul raksasa atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) dapat rampung tepat waktu.

Proyek Tanggul Laut di Pantai Dadap Diduga untuk Perusahaan Swasta, Kementerian PUPR Buka Suara

Hal itu dikemukakan Sandiaga saat mendampingi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro meninjau proyek tersebut, di kawasan Cilincing, Jakarta Utara, Jumat, 8 Desember 2017.

Sandiaga menyebutkan, tanggul tersebut sangat vital untuk menahan air dari laut. "Kami akan pastikan sesuai rencana di tahun 2020," katanya. 

Bangun Tanggul Laut Raksasa, Dave Laksono: Gebrakan Konkret Lindungi Ekosistem

Pengerjaan tanggul sepanjang 20 kilometer itu dibagi antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan pengembang. 

Menurut Sandiaga, bagian proyek yang menjadi tugas pemerintah daerah akan segera dibangun. Dia juga bakal membuat aturan secepatnya agar pengembang mengerjakan kewajibannya sepanjang 10 kilometer. 

Menteri KP Ingatkan Pembangunan Tanggul Laut Raksasa Tak Boleh Rusak Lingkungan

"Karena menunggu regulasinya, kami akan siapkan segera. Jadi tak usah menunggu regulasi dari pusat, kami akan coba intervensi, inovasi, regulasi dari Pemprov," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, pembangunan tanggul laut mendesak dikerjakan agar Ibu Kota tidak tenggelam. 

Ia menyampaikan, permukaan air tanah wilayah pesisir Jakarta terus menurun. Pada 2030, jika masalah ini tak menemukan solusi, diprediksi banjir akan melanda Jakarta dari berbagai arah.

"Jakarta seperti apa kalau kita tidak melakukan pertahanan seperti sekarang," ujarnya. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya