Dampak Gempa, Warga Banten Masih Ketakutan

Dampak Gempa Banten
Sumber :
  • ANTARA Foto/Asep Fathulrahman

VIVA - Gempa berkekuatan 6,1 SR terjadi di Lebak-Banten pada Selasa, 23 Januari 2018 kemarin. Saat ini, kondisi warga masih banyak yang khawatir terjadi gempa susulan.

Gempa Magnitudo 4,8 Guncang Banten

Hal itu terungkap dari laporan tim reaksi bencana Syarikat Kebangkitan Pemuda Islam (SKPI). Mereka terjun ke lokasi kejadian sekitar 1 jam setelah kejadian.

"Masih banyak warga yang ketakutan dan memilih berkumpul bersama di rumah saudara, tetangga dan mengungsi di luar rumah karena takut," kata Ketua Umum SKPI, Farhan Hasan, dalam keterangannya, Rabu, 24 Januari 2018.

Terjadi 70 Kali Gempa Susulan di Banten

Meski demikian, lanjut Farhan, warga kini sudah berangsur mulai bisa beraktivitas normal. Dia menuturkan saat ini warga membutuhkan bantuan berupa bahan material bangunan.

"Di Desa Sawarna ada 108 rumah yang mengalami rusak berat dan ringan akibat terjadinya gempa," kata dia.

Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Banten

Saat terjun ke lokasi, tim ormas tersebut juga mengirimkan bantuan berupa makanan siap saji dan bahan-bahan bangunan ke Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Mereka meminta seluruh masyarakat untuk ikut serta bahu-membahu para korban, yang saat ini sedang tertimpa musibah akibat bencana alam tersebut.

Setelah gempa kemarin, Banten dan sekitarnya memang kembali diguncang gempa 5,1 Skala Richter. Gempa terjadi pada pukul 13.32.46 WIB, Rabu, 24 Januari 2018.

Ilustrasi - Seismograf, alat pencatat getaran gempa.

Jawa Tengah Juga Diguncang Gempa, Terbaru di Cilacap, Salatiga dan Grobogan

Gempa terjadi beruntun selama dua hari ini di Wilayah Provinsi Jawa Tengah. Yang terbaru, gempa mengguncang Cilacap pada hari Senin pagi

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2024