PLN Bakal Bangun Tower Tertinggi di Dunia

Pekerja memasang kawat baja sebelum pengujian tower transmisi listrik milik PLN. Foto ilustrasi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Saptono

VIVA – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Bali tengah menginisiasi pasokan listrik untuk memenuhi kebutuhan Bali melalui saluran Jawa-Bali yang disebut dengan Bali Crossing. Menurut General Manager PT PLN Distribusi Bali, I Nyoman Suwarjoni Astawa, pasokan listrik Bali Crossing diperlukan karena pasokan listrik Bali pada status siaga.

Keren, PLN Jadi Perusahaan Listrik Terbaik Asia Tenggara dan Selatan

Jika tak segera dicarikan solusinya, maka pada tahun 2020-2021, cadangan listrik Bali akan habis. Saat ini, beban puncak listrik di Bali yakni 70-80 persen. Beban puncak itu paling banyak di Bali Selatan.

“Permintaan listrik tumbuh 8,6 persen dari 2012-2017. Kami menawarkan solusi Bali Crossing yang menghubungkan Jawa-Bali. Pendanaan sudah siap dari ADB dan Asia Infrastructur Fund dari Jerman,” kata Astawa, Selasa, 30 Januari 2018.

Rencana PLN Bisa Memperoleh Subsidi Harga Gas Dipertanyakan

Proyek Bali Crossing nantinya akan menggunakan tower yang terbentang sejauh 300 kilometer. Di Jawa Timur akan ada 311 tower, sementara di Bali ada 203 tower. 

“Untuk perizinan dari semua instansi seperti Kementerian Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kominfo, Balai Taman Nasional, Gubernur Jatim sudah. Untuk Jawa Timur sudah beres,” ujarnya.

Jadi Dirut PLN, Zulkifli Zaini Mundur dari Komisaris Bank Permata

Di sisi lain, Manager Unit Pelaksanaan Proyek (UPP) Jaringan II Jawa Bagian Timur dan Bali (JBTB) PT PTLN, Indrayoga Suharto, menjelaskan, nantinya tower akan melintasi Selat Bali sejauh 2,68 kilometer.

“Jadi nanti towernya di Pulau Jawa itu di Watu Dodol, Banyuwangi, setinggi 376 meter. Total tower dari sisi Jawa sampai Bali sebanyak 514 tower,” ujarnya.

Ia melanjutkan, Bali Crossing akan mengaliri listrik untuk kebutuhan Bali selama 10 hingga 15 tahun ke depan. Proyek yang akan menghasilkan tambahan pasokan listrik bagi Bali sebanyak 2.800 MW itu seharusnya sudah mulai berjalan dan diharapkan selesai pada tahun depan. 

“Sebenarnya tahun 2019 sudah harus jalan dan beroperasi. Tapi karena ada beberapa kendala maka proses pembangunannya baru selesai tahun 2021. Proyek ini menghabiskan dana sekitar US$420 juta atau sekitar Rp5-6 triliun,” ujarnya.

Untuk kebutuhan tower, diperlukan luas lahan sekitar 4,1 hektare. Tower yang khusus akan menghubungkan Jawa dan Bali itu diklaim akan menjadi yang tertinggi di dunia. 

“Dua tower yang menghubungkan Jawa dan Bali nanti setinggi 376 meter dan ini yang tertinggi di dunia. Di Tiongkok  sudah ada, tingginya 340 meter. Begitu juga di Turki tingginya 300 meter. Di Jerman juga sudah ada. Jadi ini (Bali Crossing) bukan teknologi baru, tapi kita yang tertinggi di seluruh dunia,” ucapnya bangga.

Untuk kabel yang melintas di Selat Bali akan berada sekitar 70 meter dari permukaan laut. 

“Nanti tinggi kapal yang boleh melintas itu 42 meter. Ini aman dari aspek lingkungan hidup. AMDAL sudah dapat dari Kementerian Lingkungan Hidup. Nanti desainernya dari Jerman,” demikian kata Indrayoga. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya