Napi Teroris yang Insaf Dipertemukan Keluarga Korban

Menkopolhukam Wiranto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti.

VIVA – Pemerintah menggagas rekonsiliasi antara narapidana kasus teroris dengan para keluarga korban. Pertemuan kedua pihak digelar pada akhir Februari 2017.

Heikal Nilai Putusan MK Juga Sebagai Alat Rekonsiliasi Usai Pilpres 2024

Namun tak semua narapidana teroris akan dipertemukan dengan keluarga korban, melainkan hanya mereka yang telah insaf dan bertobat.

"Teroris yang sudah sadar karena kita bina dengan baik, sekarang sudah menjadi bagian dari kita," kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto di kantornya di Jakarta pada Senin, 5 Februari 2018.

AHY Diskusi dan Konsultasi dengan SBY soal Situasi Politik setelah Putusan MK

Mengenai teknis mempertemukan antara pelaku teroris dengan pihak keluarga, Wiranto menjelaskan, secara umum napi atau mantan pelaku akan meminta maaf kepada korban dan keluarganya.

Di hadapan korban dan keluarga korban, pelaku akan mengakui segala perbuatannya dan menyadari bahwa itu tidak pantas sehingga menimbulkan korban, termasuk keluarga. "Cukup unik dan belum pernah terjadi. Kita melakukan itu," kata Wiranto. 

Petinggi Gerindra Sebut Tak Perlu Ada Rekonsiliasi Prabowo dengan Megawati

Cara ini juga, katanya, diharapkan menjadi contoh bagi dunia bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, terutama sila keempat, bisa dilaksanakan. "Agar Indonesia dengan musyawarah mufakat mampu menyatukan, rekonsiliasi, yang tadinya bermusuhan. Kita tunggu akhir bulan ini," katanya. (mus)

Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024