Mau ke Afghanistan, Jusuf Kalla Panggil Budi Gunawan

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol. Budi Gunawan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA - Pemerintah tengah mematangkan persiapan terkait kedatangan Wakil Presiden Jusuf Kalla ke Afghanistan, 26 Februari 2018.

JK Ingatkan Umat Introspeksi Diri Sambut Ramadhan

Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan menyatakan, kesiapan itu terkait pengamanan dan konsep kerja sama untuk upaya perdamaian negara yang sedang dirundung konflik tersebut.

"Tim sedang bekerja di sana. Dengan aparat intelijen, aparat Kepolisian dan angkatan bersenjata di sana untuk mengamankan kedatangan beliau," kata Budi di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis 15 Februari 2018.

JK Sebut Pemilu 2024 Terburuk Dalam Sejarah di Indonesia

Menurut BG, sapaan akrab Budi Gunawan, kedatangan JK ke Afghanistan tetap terjadwal seperti semula dan tidak diundur, karena maraknya teror dan serangan yang digencarkan kelompok bersenjata di sana.

Selain itu, kata dia, kedatangan JK juga untuk menghadiri konferensi ulama antardua negara yang membahas adanya upaya rekonsiliasi di Afghanistan.

JK Sebut RI Bayar Cicilan Utang Sampai Rp 1.000 Triliun per Tahun, Ini Respons Sri Mulyani

Pertemuan bakal melibatkan Majelis Ulama Indonesia dan organisasi terbesar Islam terbesar di Tanah Air, yaitu Nahdlatul Ulama.

"Kemudian ada juga instrumen kita Indonesia Islamic Center. Ada Masjid, perpustakaan ada rumah sakit. Nanti, simbol peran Indonesia, keterlibatan Indonesia dalam proses rekonsiliasi," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno L.P Marsudi menyatakan, misi perdamaian di Afghanistan, merupakan komitmen Indonesia sejak lama. Apalagi, hubungan kedua negara sudah terjalin baik, dimulai pada era Presiden RI pertama, Soekarno.

Kata Retno, Afghanistan menilai Indonesia tidak punya kepentingan apapun dalam menengahi konflik di negaranya.

"Kepentingan kita adalah perdamaian. Itu bisa terwujud, setelah mereka mengalami konflik yang hampir 40 tahun," kata Retno, Senin 12 Februari 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya