Senior Berpolitik, Panglima: Silaturahmi Boleh, Dukung Tidak

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/HO/Serka Mar Kuwadi

VIVA –  Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan sikap TNI dan Polri harus netral meski senior-senior dari dua institusi sedang berpolitik. Hal itu diungkapkan Hadi saat menemui ulama dan tokoh agama di Masjid Sabillilah, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat malam, 23 Februari 2018.

Panglima TNI Putuskan untuk Mengubah Sebutan KKB Menjadi OPM

"TNI dan Polri harus netral tidak dekat dengan partai politik. Hubungan silaturahmi boleh dengan senior-senior yang mencalonkan diri, tapi tidak dengan mendukung," kata Hadi.

Hadi mengatakan memasuki tahun politik yakni Pemilihan Kepala Daerah 2018 dan Pemilihan Presiden 2019 merupakan pesta demokrasi milik rakyat. TNI dan Polri dilarang terlibat, karena tugas kedua institusi menjaga keamanan demi kelancaran Pilkada dan Pilpres.

12 Program Kerja KSAU Baru, Meningkatkan Pola Operasi hingga Persiapan Mobilisasi ke IKN

"Pesta demokrasi harus kita amankan kita tunjukan ke masyarakat jika TNI/Polri solid untuk rakyat. Keamanan pasti terjaga dan rakyat pesta demokrasi dengan nyaman. Biarkan pesta demokrasi diramaikan rakyat, kita hanya menjaga," papar Hadi.

Hadi menyebut Pilkada 2018 dan Pilpres 2019 sangat rentan ancaman kampanye hitam melalui media sosial dengan isu SARA. TNI dan Polri diharapkan bisa mengantisipasi kemungkinan gangguan keamanan.

Panglima TNI Geram Danramil Ditembak OPM, Iran Punya Hak Balas Dendam ke Israel

Mantan KSAU itu juga mengimbau masyarakat bijak dalam menggunakan media sosial serta tidak turut andil menyebar kabar hoax. Hadi berharap masyarakat mampu memanfaatkan teknologi sebaik mungkin.

"Permasalahan kecil saja dipelintir dimasukkan ke sosmed. Punya HP tapi harus mewartakan yang bagus, karena kita bisa jadi citizen jurnalis. Tapi kalau tidak benar ya jangan disebarkan. Karena ancaman itu nyata didepan mata," ujar Hadi.

VIVA Militer: Panglima TNI pimpin Sertijab Pangkogabwilhan II

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Marsda TNI M. Khairil Lubis dilantik menggantikan Marsekal TNI Tonny Harjono yang saat ini menjabat KSAU

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024