Ketua Panwaslu Garut dan Komisioner KPUD Dikabarkan Dicokok

Ilustrasi Kotak suara
Sumber :
  • Antara/ Feny Selly

VIVA – Satuan Tugas (Satgas) Anti Money Politic Bareskrim Polri dan Satgasda Jawa Barat dan Polres Garut dikabarkan mengamankan Ketua Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Garut. Tersangka berinisial HH diduga menerima suap untuk pelaksanan Pilkada Serentak Garut 2018.

Timses Caleg Nasdem di Sibolga Terjaring OTT, Begini Penjelasan Bawaslu Sumut

Selain HH, Satgas juga dikabarkan mengamankan Komisioner KPUD Kabupaten Garutberinisial AS. Keduanya diduga telah menerima suap untuk meloloskan salah satu calon di Pilkada Kabupaten Garut.

Saat dikonfirmasi, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat, Harminus Koto mengatakan, saat ini tengah dalam perjalanan menuju Garut untuk memastikan hal tersebut.

Heboh Caleg Demokrat Bagi-bagi Uang 2 Dus di Pantai Losari Makassar, Bawaslu Turun Tangan

"Besok paling (keterangan lengkapnya), sekarang belum tahu ceritanya, saya ke sana. Ini saya lagi (di jalan) dari Bogor,"  ujar Harminus saat dikonfirmasi, Sabtu malam 24 Februari 2018.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Yayat Hidayat tidak bisa dihubungi saat dikonfirmasi. Namun, dari komisioner KPU Jawa Barat Endun Abdul Haq menyebutkan, pihaknya saat ini tengah mengkroscek informasi tersebut.

Polisi Proses 17 Tindak Pidana Pemilu 2024, Politik Uang hingga Alat Peraga Kampanye

"Lagi nyari juga (kebenaran informasinya), ini lagi kroscek," kata Endun.

Barang bukti saat penangkapan yaitu berupa 1 unit mobil Daihatsu Sigra warna putih nopol Z 1784 DY, diamankan petugas. 

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jakarta Selatan, Andi Maulana

Bawaslu Jaksel Ungkap Tak Ada Bukti Kuat soal Laporan Dugaan Politik Uang 2 Caleg Demokrat

Bawaslu Kota Jakarta Selatan telah melakukan serangkaian pemeriksaan namun tidak ada bukti yang kuat adanya money politic terhadap 2 caleg ini.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2024