Kisah Ustaz Abdul Somad dari Bali Hingga Disebut Tukang Tipu

Ustaz Abdul Somad
Sumber :

VIVA – Perjalanan dakwah Ustaz Abdul Somad tak semudah yang dibayangkan. Cukup banyak pengalaman tidak enak yang dialami dai asal Riau itu.

Misteri Kematian Stevie Agnecya: Disantet? Ustaz Abdul Somad Ungkap Fakta Mencengangkan!

Mulai dari diadang kelompok ormas di Bali, ditolak masuk ke negara Hong Kong, sampai disebut tukang tipu. Tapi, semua itu diterima dengan lapang dada.

Seperti diketahui, pria kelahiran Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara, 18 Mei 1977 itu, diadang massa dari ormas saat berada di Hotel Aston, Bali, pada 8 Desember 2017.

Anak Lajang Sudah Bekerja, Wajibkah Bayar Zakat Fitrah Sendiri? Ini Kata UAS dan Buya Yahya!

Saat itu, massa mengadang Ustaz Somad karena dituduh anti Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Pancasila.

Namun, peristiwa itu tak berlangsung lama. Karena ternyata tuduhan itu tak terbukti setelah Ustaz Somad bisa memenuhi permintaan massa untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Bahkan, dengan lantangnya saat itu Ustaz Somad, meneriakkan kalimat 'NKRI harga mati'.

Mandi Wajib Setelah Subuh, Apakah Puasanya Tetap Sah? Begini Penjelasan Ustaz Abdul Somad

Belakangan baru terungkap bahwa apa yang terjadi di Bali, hanyalah sebuah ketidak-akuratan informasi dan kesalahan komunikasi massa pengadang. Masalah ini sempat ramai bahkan sampai ke ranah hukum. Tapi akhirnya suasana kembali tenang setelah massa pengadang meminta maaf kepada Ustaz Somad.

Baca: Ustaz Somad Boleh Dakwah di Bali Usai Nyanyi Indonesia Raya

Tak lama setelah kejadian di Bali, atau hanya berselang 15 hari kemudian, lagi-lagi Ustaz Somad dihadapkan pada masalah. Kali ini terjadi di negeri orang, yaitu di Hong Kong.

Tepatnya Sabtu, 23 Desember 2017, ustaz berusia 40 tahun ini ditolak di Bandara Internasional Hong Kong.

Ustaz Somad diadang sejumlah petugas keamanan bandara ketika baru saja keluar dari pesawat yang ditumpanginya.

"Belum sempat diperiksa di imigrasi, ada 5-6 orang memisahkan saya dari rombongan. Mereka membawa saya ke ruangan," kata ustaz.

Di ruangan tersebut, ia mengaku digeledah. Dompet dan ponsel miliknya langsung diminta dan diperiksa orang-orang tersebut dengan seksama.

"Dia periksa kartu-kartu, uang saya, lihat hp saya, sampai kertas-kertas kecil dilihat. Ini ada catatan doa untuk jemaah. Biasanya mereka minta doa," ujarnya.

Ia melanjutkan dari pemeriksaan itu, para oknum tersebut menemukan sebuah kartu nama Rabithah Alawiyah (ikatan Habib). Kartu tersebut yang dipertanyakan orang-orang yang mengadangnya. "Mereka lihat ada bintang dan tulisan Arab. Saya menjelaskan," ujarnya.

Sayangnya, penjelasan Ustaz Somad tak mengubah keadaan. Mereka langsung memulangkan ustaz tersebut ke Indonesia.

"Saya minta penjelasan, tetapi mereka tak bisa menjelaskan. Mereka hanya mengatakan bahwa saya tidak diterima di negaranya," ujarnya.

Baca: Ustaz Somad Sering ke Pedalaman Sumatera Ajarkan Cinta NKRI

Selain kedua masalah itu, ternyata Ustaz Somad juga pernah disebut dengan kata-kata tak baik oleh seorang pria.

Pria itu menyebut Ustaz Somad sebagai tukang tipu. Sebutan tak elok itu dilontarkan pria itu melalui pesan di aplikasi WhatsApp.

Perbuatan pria itu terungkap setelah Ustaz Somad, mengunggah Print Screen pesan itu di akun Instagram pribadinya.

Seperti dikutip VIVA, Jumat, 16 Maret 2018, pada pesan itu, pria itu diduga melontarkan kalimat tak baik ke Ustaz Somad, karena kesal pesan-pesannya tak kunjung dibaca dan dibalas Ustaz Somad.

Namun, luar biasanya, meski disebut tukang tipu, dengan sabarnya, di kolom komentar di postingan pesan itu, Ustaz Somad, malah meminta maaf kepada pria itu.

Ustaz Somad menjelaskan, bahwa dia tak sempat membaca pesan dan membalasnya karena dalam perjalan menuju ke lokasi dakwah di Jakarta.

Ustaz Somad mengatakan, lebih dari dua ribu pesan yang tak sempat dibukanya. Dan dia minta maaf karena menurutnya di hanya hamba Allah yang hina.

"2997 chat belum dibuka. Dalam perjalanan menuju Islamic Center Koja, Jakarta Utara. Mohon maaf, hamba Allah yang hina, Abdul Somad"

Baca: Kisah Lucu Ustaz Abdul Somad Disewakan Pesawat ke Aceh

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya