Menlu Bangga RI Paling Diminati Beasiswa New Colombo Plan

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi
Sumber :
  • Anadolu Ajansi/Dursun Aydemir

VIVA – Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya ke Australia, turut menghadiri New Colombo Plan (NCP) Afternoon Tea di International Convention Center (ICC), Sydney Australia, Sabtu siang, 17 Maret 2018. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ikut mendampingi Jokowi.

RI Bicara Tegas di OKI Minta Tanggung Jawab Bantu Rakyat Afghanistan

Dalam keterangannya, Retno mengatakan, beasiswa NCP memberikan kesempatan kepada anak-anak muda Australia untuk belajar di 40 negara Asia. Program ini sudah ada sejak di 2014. Kata dia, mayoritas dari mereka paling berminat untuk mengunjungi Indonesia.

“Sejauh ini Indonesia merupakan negara yang paling diminati untuk dikunjungi,” kata Retno saat memberikan keterangan pers di Sydney, seperti dikutip dari keterangan resmi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Minggu, 18 Maret 2018.

Menlu Retno Sebut Indonesia Ingin Afghanistan Jadi Negara Damai

Retno menceritakan, ketika digelar NCP Afternoon Tea, Presiden Jokowi sempat bertemu dengan tiga penerima NCP asal Australia. Kemudian, satu penerima Australian Award yang berasal dari Indonesia.
 
Dalam pertemuan itu, Jokowi menanyakan soal persepsi mereka tentang Indonesia bagi penerima beasiswa NCP. “Mereka menjawab persepsinya berubah sebelum dan setelah berkunjung,” ujar Retno.

Sebelum menghadiri NCP Afternoon Tea, Presiden Jokowi mengikuti salah satu rangkaian KTT Istimewa ASEAN-Australia, yaitu sesi foto bersama Kepala Negara/Kepala Pemerintahan ASEAN. Jokowi juga foto bersama dengan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull sebelum dilaksanakan foto bersama.

Alasan Evakuasi WNI di Afghanistan Pakai Pesawat TNI AU

Setelah mengikuti foto bersama, Presiden menghadiri penutupan konferensi Counter Terorism. Kepala BNPT Suhardi Alius mewakili Indonesia pada konferensi tersebut dan memaparkan tentang pendekatan soft power dalam deradikalisasi. (ase)

Menlu Negeri Retno Marsudi saat menyampaikan sambutan di Kongres Indonesianis

ASPINA Belanda Diluncurkan, Bagaimana Prospeknya bagi Ekonomi RI

Apresiasi disampaikan Menlu Retno dalam acara peluncuran ASPINA Belanda yang berlangsung secara fisik dan daring dari KBRI Den Haag pada Kamis kemarin. Lalu?

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022